Menhub: Ada Kesenjangan Pola Distribusi Pengiriman Logistik

Kesenjangan terjadi akibat kurang meratanya sistem infrastruktur.
, Majalah Kartini | 20/10/2016 - 22:00

MajalahKartini.co.id – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjelaskan bahwa terjadi kesenjangan di dalam pola distribusi, khususnya pola pengiriman logistik di Indonesia. Menurut Budi kesenjangan terjadi akibat kurang meratanya sistem infrastruktur yang tersedia di wilayah, ini bertolak 15 persen dari jumlah penduduk di Indonesia.

“Lihat saja jumlah bandara di Papua ada sebanyak 250 bandara segala sesuatu supply logistik dikirim mempergunakan pesawat yang otomatis membuat harga jual menjadi lebih mahal,” kata Budi Karya dalam acara Jakarta Internasional Logistic Summit And Expo di Kemayoran yang diselenggarakan oleh Dirjen Bea Cukai,di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Kamis (20/10).

Budi menjelaskan beberapa program kajian untuk mempercepat proses logistik yang otomatis bertanya kepada harga jual yang lebih manusiawi dan terjangkau bagi masyarakat. Dia mencontohkan pemerintahan Joko Widodo pembangunan sejumlah tol baik darat, laut, dan udara dengan tujuan untuk mempercepat proses logistik sekaligus dapat menekan harga distribusi yang ada. “Pemerintah sudah membagi wilayah pembangunan di Indonesia khususnya untuk proses pengiriman logistik agar lebih cepat namun dapat menekan harga yang lebih baik,” kata dia. (Foto: ANTARA FOTO/Seno)

Tags: , , , , , , , , , , , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: