Mengulik Sejarah Hari Kasih Sayang atau Valentine’s Day

Dari zaman Romawi Kuno hingga kini, Valentine’s Day terus berkembang dan memiliki arti masing-masing.
, Majalah Kartini | 14/02/2019 - 12:00

MajalahKartini.co.id – Hari ini (14 Februari) adalah tanggal yang kerap dijadikan sebagai momen kasih sayang oleh mayoritas masyarakat dunia. Hari yang akrab disebut Valentine’s Day atau Hari Kasih Sayang ini memang kini seolah menjadi tradisi para remaja untuk menunjukkan rasa sayang kepada kekasih atau pasangannya. Lantas, sebenarnya bagaimana sih sejarah munculnya Hari Kasih Sayang atau Valentine’s Day?

Hari Kasih Sayang atau Valentine’s Day berasal dari upacara keagamaan romawi kuno. Sedangkan di abad pertengahan, Catatan pertama dihubungkannya hari raya Santo Valentinus dengan cinta romantis adalah pada abad ke-14 di Inggris dan Perancis, di mana dipercayai bahwa 14 Februari adalah hari ketika burung mencari pasangan untuk kawin. Kepercayaan ini ditulis pada karya sang sastrawan Inggris pertengahan ternama Geoffrey Chaucer pada abad ke-14. Ia menulis di cerita Parlement of Foules (Percakapan Burung-Burung) bahwa

For this was sent on Seynt Valentyne’s day (“Untuk inilah dikirim pada hari Santo Valentinus”)
When every foul cometh there to choose his mate (“Saat semua burung datang ke sana untuk memilih pasangannya”)

Pada zaman itu bagi para pencinta sudah lazim untuk bertukaran catatan pada hari ini dan memanggil pasangan mereka “Valentine” mereka.

Sedangkan pada saat ini, Hari Kasih Sayang atau Valentine’s Day diasosiasikan dengan para pecinta yang saling bertukaran notisi-notisi yang berbentuk valentine, seperti kartu ucapan berbentuk hati. Mulai abad 19 produksi kartu ucapan secara massal. Sekitar satu miliar kartu ucapan valentine dikirimkan keseluruh dunia setiap tahun. Pada paruh abad 20 tradisi bertukaran kartu diperluas menjadi pertukaran cokelat dan bunga mawar. Biasanya cokelat dan bunga mawar diberikan kepada wanita oleh pria. Di Amerika Serikat Hari Kasih Sayang diasosiasikan dengan ucapan “Happy Valentine’s Day!” yang diucapkan oleh pria kepada teman wanitanya, atau siapapun. (*)

Tags: , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: