Mengintip Megahnya Istana Kepresidenan di Jayapura Papua

Mirip Gedung Putih di Amerika Serikat, namun Gedung Negara Jayapura sarat akan unsur seni dan budaya Papua.
, Majalah Kartini | 21/11/2018 - 11:00

MajalahKartini.co.id – Mungkin selama ini masyarakat Indonesia lebih akrab dengan Istana Kepresidenan yang berlokasi di pusat Jakarta dan Istana Kepresidenan di Bogor yang ditinggali Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan keluarga. Padahal masih ada beberapa Istana Kepresidenan lagi yang dimiliki Indonesia. Bangunan terbaru adalah Istana Kepresidenan atau Gedung Negara Jayapura di Papua. Kabar yang tengah ramai menjadi perbincangan ini jelas menarik perhatian publik. Seperti apa gedung tersebut?

Sepintas bangunan ini mirip Gedung Putih atau “White House” di Amerika Serikat, tetapi atribut dan sentuhan Papua kembali mengingatkan bahwa Istana Kepresidenan ini berada di Bumi Cendrawasi, Indonesia. Gedung Negara ini didesain dengan mengambil model atap rumah Honai pada bagian kubahnya. Honai merupakan rumah tradisional suku asli di Papua. Sebanyak lima buah kubah menghiasi bagian atas bangunan. Selain itu hiasan dan ukiran di dalam gedung mencerminkan lima wilayah adat di Papua, seperti Asmat dan Sentani. Setiap tiang dan pilar di dalam gedung didesain dengan bentuk tifa yang merupakan alat musik khas Papua.

Asisten Bidang Umum Sekda Papua Elysa Auri menambahkan pada kantor kepresidenan tersebut, telah disiapkan tempat sesuai standar rumah peristirahatan kepala negara maupun sistem keamanan lainnya. Sebut saja 50 kamera pengintai. Selain kantor presiden, kompleks gedung ini juga memiliki aula, kediaman gubernur papua, kantor staf khusus gubernur, hingga helipad. Fasilitas yang melengkapinya adalah taman, air mancur, kolam renang, dan tempat olah raga.

Pembangunan gedung ini digagas oleh Gubernur Papua, Lukas Enembe. Proses konstruksinya  memakan waktu hingga empat tahun. Lukas mengakui, Jokowi selaku Presiden RI sangat memperhatikan Provinsi Papua di mana tahun 2017 saja sudah lebih tiga kali berkunjung ke Jayapura.

“Kita harap Presiden (Jokowi) bisa berkantor di gedung yang sudah kita buat sewaktu-waktu berkunjung ke Jayapura. Gedung ini sudah jadi dan siap difungsikan,” kata Lukas sebagaimana dikutip Lintaspapua.com.

“Yang pasti ini kebanggaan bagi orang Papua untuk bisa menikmati gedung ini. Sebab provinsi (Papua) yang besar ini (sebelumnya) tidak memiliki gedung negara yang besar seperti ini,” imbuhnya.  (*)

 

 

 

Tags: , , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: