Mengintip Kemegahan Istana Changdeokgung di Korea Selatan

Tak hanya indah, istana yang menjadi tempat penyambutan Presiden Jokowi dan Ibu Iriana di Korea Selatan ini juga sarat sejarah.
, Majalah Kartini | 13/09/2018 - 16:00

MajalahKartini.co.id – Kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana ke Korea Selatan banyak menjadi sorotan dunia berkat berbagai penyambutan istimewa yang diberikan pemerintah Negeri Gingseng tersebut. Salah satunya adalah penyambutan di istana Changdeokgung, kekaguman tersebut pun diunggah Presiden Jokowi dalam akun Instagram-nya.

“Tak biasanya Istana Changdeok di Seoul, Korea Selatan, menjadi lokasi penyambutan tamu negara Korea Selatan. Istana tua yang berdiri sejak 600 tahun lalu ini adalah situs warisan dunia UNESCO,” tulis Presiden Jokowi dalam caption foto Instagram @jokowi.

Penasaran seperti apa kemegahan dan cerita sejarah seputar istana? Berikut sedikit bocoran untuk Anda.

Istana Changdeokgung dibangun oleh Raja Taejong di tahun 1405 dan merupakan satu dari lima istana kerajaan era Joseon. Istana Changdeokgung sempat menjadi istana utama bagi sejumlah raja dari Dinasti Joseon, namun kini merupakan istana kedua setelah Gyeongbokgung. Istana ini memiliki luas sekitar 462.000 meter persegi yang terdiri dari area istana publik, tempat tinggal keluarga kerajaan dan kebun belakang atau Secret Garden. Keindahan Secret Garden tak dapat dipungkiri dan pasti membuat siapa saja yang memandang terkagum-kagum. Bahkan di sana terdapat pohon raksasa yang berusia lebih dari 300 tahun.

Meskipun telah berusia ratusan tahun, Istana Changdeokgung tetap terjaga baik hingga kini dan tercatat sebagai salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO sejak tahun 1997. Setiap harinya, istana ini terbuka untuk umum (wisatawan) dengan jam operasional 09.00 sampai 18.00 waktu setempat. Harga tiket masuk kawasan istana dibanderol sebesar 3.000 Won (Rp 3.900,-) per orang. Sedangkan untuk masuk istana dan Secret Garden, Anda harus merogoh biaya sebesar 8.000 Won (Rp 105.000,-). Maka saat Anda berkesempatan mengunjungi Korea Selatan, jangan lupa mampir ke salah satu destinasi wisata sarat sejarah satu ini, ya! (*)

Tags: , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: