Mengenang Keindahan Pantai Talise Palu Sebelum Dilanda Gempa & Tsunami

Salah satu destinasi wajib di Palu yang kini tengah berduka.
, Majalah Kartini | 09/10/2018 - 18:00

MajalahKartini.co.id – Sebelum terjadi gempa dan tsunami pada Jumat 28 September 2018 lalu, Pantai Talise termasuk salah satu destinasi wisata favorit para wisatawan maupun warga sekitar. Lokasinya yang strategis menjadi alasan banyaknya pelancong mampir ke tempat indah satu ini. Meskipun kini Pantai Talise tengah berduka tetapi mari kita mengenal bagaimana Pantai Talise dulu, semoga Palu cepat pulih dan dapat menjadikan Pantai Talise sebagai tujuan wisata kebanggaan kota Palu.

Pantai Talise terletak di Jalan Rajamoili dan Jalan Cut Mutia, Kabupaten Palu Timur, Provinsi Sulawesi Tengah. Pantai Talise diambil dari kata Kaili yang berarti Ketapang. Menurut masyarakat setempat, pada waktu dulu, banyak pohon ketapang di pantai ini dan menjadi nama Pantai Talise (Pantai Ketapang).

Pantai Talise yang terletak sekitar 2 km ke arah utara kota Palu ini menawarkan pemandangan menawan di pantai. Selain akses ke pantai yang sangat mudah, pengunjung juga tidak perlu membayar tiket masuk alias gratis. Pantai ini membentang dari kota Palu ke Donggala dengan panorama dan keindahan teluk yang sangat eksotis serta latar pegunungan yang sangat memesona. Pengunjung juga bisa melakukan aktivitas air, seperti berenang, selancar angin, menyelam, memancing, dan lainnya. Di pantai ini pula terdapat Masjid Arkham Babu Rahman atau Masjid Terapung yang terkenal di Palu.

Pada waktu senja, para pengunjung dapat menikmati matahari yang indah berada di antara Gunung Gawalise yang terletak di dekat pantai. Pada malam hari ada lebih banyak wisatawan yang datang ke pantai ini untuk melihat lampu-lampu yang berkilauan di sekitar pantai. (*)

 

Tags: ,

BAGIKAN HALAMAN INI: