Mengenal Lebih Dalam Ibu Iriana Joko Widodo yang Berulang Tahun

Sosoknya yang sederhana dan kalem terpancar dari wajah ayu Ibu Negara Republik Indonesia yang berasal dari Surakarta ini.
, Majalah Kartini | 01/10/2018 - 09:00

Selalu setia mendampingi Bapak Presiden Joko Widodo

MajalahKartini.co.id – Hari ini (1/10), tepatnya tanggal 1 Oktober 1963 di Surakarta, sosok perempuan  manis yang kini menjadi Ibu Negara Republik Indonesia terlahir ke dunia. Ia merupakan anak pertama dari lima bersaudara dari pasangan suami-istri yang berprofesi sebagai guru, Noto Mihardjo dan Sudjiatmi. Siapa sangka, penamaan Iriana  ini diberikan kakeknya yang merupakan seorang guru di Irian Jayapura, Papua,  sebelum tahun 1960-an. Saat itu, kakeknya pulang ke Jawa,  pada tanggal 1 Oktober 1963 lahirlah cucu perempuannya dan diberi nama Iriana.  Nama ini diambil dari kata Irianjayapura.

Saat sekolah di SMA 3 di Solo, Iriana tidak pernah memanfaatkan jabatan ayahnya yang juga sebagai salah satu pengajar di sekolah tersebut. Iriana  mengandalkan seluruh kemampuannya dalam belajar seperti  siswa-siswi lainnya. Ia sukses dengan baik di sekolahya. Memasuki usia remaja, Iriana sering bermain ke teman sekolahnya bernama Iit Sriyanti. Dia adalah adik Joko Widodo alias Jokowi. Saat ia bermain ke rumah temannya, secara tak sengaja suka bertemu dengan Joko Widodo  yang masih berkuliah di Fakultas Kehutanan, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. Tidak mudah untuk menaklukkan hati seorang Iriana. Joko Widodo memberanikan diri untuk mengajak Iriana bersepeda,  perlu waktu 6 bulan untuk menarik hati  seorang Iriana.  Pada usia 23 tahun, Iriana menerima cinta Joko Widodo dan menikah pada 24 Desember 1986.

Ibu Iriana bersama keluarga

Setelah menikah, Iriana sempat ikut Joko Widodo ke Aceh yang saat itu sedang bekerja di PT Kertas Kraft, Aceh.  Jelang Iriana hamil muda, kedua pasangan ini pindah ke Solo dan Jokowi meninggalkan pekerjaanya di Aceh untuk mendampingi Iriiana. Iriana akhirnya menetap di Solo hingga melahirkan anak-anaknya. Kegiatan Iriana selalu menjaga dan mendampingi suaminya. Saat suaminya jatuh bangun dalam bisnis meubel, Iriana selalu memberikan dorongan agar tetap kuat, sabar, dan berusaha lagi. Dorongan Iriana membuahkan hasil dan membuat Joko Widodo menjadi pengusaha sukses. Tak hanya itu, dukungan Iriana untuk karier Joko Widodo terus berlangsung hingga Joko Widodo menjadi Wali Kota Solo, Gubernur DKI Jakarta, dan hingga kini menjadi orang nomor satu di Indonesia, Presiden Republik Indonesia. Iriana setia menemani dan menjadi pendukung pertama Joko Widodo dalam mengembang tugas Negara. Selamat ulang tahun Ibu Negara, Iriana Joko Widodo! (*)

Tags: , , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: