Diet Ini Ampuh Turunkan Berat Badan!

Ketahui lebih lanjut mengenai diet ketogenic yang populer saat ini.
, Majalah Kartini | 20/09/2018 - 20:00

Majalahkartini.co.id- Belakangan ini diet ketogenic sedang menjadi tren diet di berbagai kalangan. Diet ketogenic dikenal dapat efektif cepat menurunkan berat badan. Namun, apa sih yang sebenarnya terjadi dengan tubuh kita ketika menjalankan diet ini?

Diet ketogenic merupakan diet yang hanya mengkonsumsi karbohidrat rendah dan lemak yang tinggi. Diet ini pertama kali diterapkan pada tahun 1920 untuk mengobati pasien epilepsi. Kemudian, pada sebuah studi di tahun 2018 menunjukan kalau diet ini memiliki potensi menyembuhkan penyakit diabetes tipe dua.

Pertama-tama, tubuh anda terbiasa memproses karbohidrat untuk memproduksi energi. Apabila anda mengurangi konsumsi karbohidrat, tubuh Anda akan mulai memecah lemak yang tersimpan dalam tubuh sebagai sumber energi. Untuk mengurangi konsumsi karbohidrat, maka Anda dapat memperbanyak konsumsi berbagai macam makanan yang mengandung lemak atau protein tinggi, seperti daging, telur, susu ataupun ikan. Meski demikian, Anda juga harus berhati-hati ketika menjalankan diet ini, karena ternyata diet ini memiliki efek samping yang tidak begitu menyenangkan. Diet ini juga memiliki efek samping, yaitu mulut mengeluarkan bau tak sedap. Bila ini terjadi, Anda sudah berada dalam tahap ketosis, ini merupakan tahap ketika tubuh mulai memproses lemak yang tersimpan dalam tubuh menjadi energi.

Beberapa orang mengaku kalau dirinya menjadi tidak mudah lapar setelah menjalani diet ini, tetapi tidak sedikit juga yang mengakui kalau diet ini bukanlah untuk mereka. Ketika menjalankan diet ini, yang harus diperhatikan adalah berat bandan, Anda jangan terlalu senang dulu ketika melihat penurunan berat badan, karena yang mungkin terjadi pada tubuh Anda adalah penurunan massa air yang terkandung pada tubuh, bukan penurunan massa lemak. Ini terjadi karena karbohidrat biasanya mengandung banyak air. Maka dari itu bisa terjadi penurunan berat badan padahal yang sebenarnya terjadi adalah hanya penurunan massa air.

Tidak sedikit artis-artis Hollywood yang menggunakan metode diet ini untuk mengurangi berat badan, seperti Vanessa Hudgens, Kourtney Kardashian, Megan Fox dan Adriana Lima. Bahkan mereka tidak jarang mempromosikan metode diet yang mereka lakukan di berbagai media maupun sosial media mereka. Bagaimana Sahabat Kartini? Setelah mengetahui diet jenis ini, apakah Anda tertarik untuk mencobanya? (*)

 

 

 

Tags: , , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: