Mengenal dan Mencicipi Kue Khas Banjarmasin, Amparan Tatak

Jenis kue basah ini memiliki rasa yang manis dan gurih dengan dua lapisan berbeda, lunak dan sedikit keras di bagian bawahnya.
, Majalah Kartini | 07/11/2018 - 12:00

MajalahKartini.co.id – Ragam kue tradisional di Indonesia memang tak terhingga jumlahnya, sangat banyak. Meski demikian, bukan berarti Anda tidak bisa mengenal dan mencoba satu per satu kue tradisional milik bangsa. Salah satu yang menjadi rekomendasi sebagai panganan teman minum teh, adalah Amparan Tatak.

Kue basah khas kota Banjarmasin ini berbahan dasar tepung beras dan santan kelapa kental dengan penambahan irisan pisang di dalamnya. Jenis pisang yang digunakan boleh apa saja, seperti pisang kepok, uli, raja, tanduk atau lainnya. Amparan Tatak memiliki 2 lapisan yang berbeda, lunak dibagian atas dan sedikit keras dibagian bawahnya. Kue basah ini bertekstur lembut dan rasanya manis serta gurih.

Nama lain dari Amparan Tatak adalah “Nangka Susun”, meski demikian hanya sedikit yang mengetahui hal tersebut, bahkan bagi orang Banjar sekalipun. Tidak hanya ditemukan di Kalimantan Selatan, Amparan Tatak dapat dengan mudah dijumpai di provinsi tetangga, seperti Kalimantan Timur, dan Kalimantan Tengah. Penasaran ingin mencicipinya? Mari buat sendiri Amparan Tatak di rumah dengan mengikuti resep dari Selera Nusantara berikut ini.

 

Tags: , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: