Meng-Endorse 6 Artis Terkenal, Produk Kosmetik DSC Ternyata Ilegal

Bisnis penjualan produk kecantikan ini sudah berjalan selama dua tahun, ternyata tak terdaftar BPOM dan Ilegal karena mengoplos dari bahan kosmetik lain.
, Majalah Kartini | 06/12/2018 - 14:00

MajalahKartini.co.id – Setiap perempuan pasti ingin tampak lebih cantik, tak heran produk kecantikan dapat laris manis terjual jika mengiming-imingi perubahan signifikan. Apalagi jika deretan artis terkenal juga mengiklankannya melalui akun Instagram mereka. Meski demikian, Anda harus lebih berhati-hati, karena belum lama ini produk kecantikan yang viral dijual dan dipromokan melalui media sosial, Derma Skin Care (DSC) ternyata oplosan dan ilegal.

Pihak kepolisian Jawa Timur membongkar bisnis kosmetik ilegal beromzet ratusan juta rupiah perbulan. Polisi mengamankan perempuan berinisial KIL di Kediri yang sudah menjalankan bisnis ini sejak dua tahun lalu. Namun produksi Derma Skin Care Beauty ini ternyata belum mendapatkan izin dari BPOM dan Dinas Kesehatan. Produk kecantikan hasil olahan tersangka ini dijual baik secara langsung ke pembeli maupun online di beberapa kota besar seperti Kediri, Surabaya, Jakarta dan Medan. Beberapa toko online terkemuka bahkan sempat menjual produk DSC Beauty tapi sekarang sudah tak menjualnya lagi.

Kepada polisi, pemilik usaha berinisial KIL mengaku pernah “mengendorse” 6 artis ibu kota untuk mempromosikan produk kosmetiknya melalui Instagram. Inisial enam artis tersebut di antaranya VV, NR, MP, NK, DJB, dan DK. Polisi masih mendalami apakah keenam artis tersebut mengetahui atau tidak jika produk yang dipromosikannya ilegal dan tidak memiliki izin edar.

“Jika diperlukan, kami akan panggil keenam artis itu untuk dimintai keterangan sebagai saksi,” ujar Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Jawa Timur, Kombes Akhmad Yusep Gunawan (4/12).

Selain menjual produk kecantikan seperi krim, cairan pembersih wajah, bedak, serum dan masker, pelaku juga memproduksi obat-obatan untuk kecantikan. Produk kosmetik yang dijual pelaku merupakan oplosan ulang yang bahannya berasal dari produk kosmetik merek terkenal, seperti Marcks Beauty Powder, Mustika Ratu, Viva Lotion, Sabun Papaya, Vasseline, Sriti dan sebaginya. (*)

 

 

Tags: , , , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: