Menelisik Keindahan Negara yang Dilintasi Sungai Mekong

Ada beragam destinasi wisata menarik di Kamboja, dua di antaranya Angkor Wat dan Silver Pagoda.
, Majalah Kartini | 10/02/2019 - 10:00

MajalahKartini.co.id – Wisata alam yang terdapat di Benua Asia memang tak kalah indahnya dengan berbagai wisata yang ada di Benua Eropa. Selain dikenal memiliki budget wisata yang lebih murah, makanan lezat, ragam kebudayaan, panorama keindahan alam, serta banyaknya buah tangan yang dapat dibawa pulang menjadi alasan banyak wisatawan terus berdatangan ke berbagai negara di Asia, tak terkecuali Kamboja. Ada apa saja di Kamboja?

Angkor Wat

Kuil ini merupakan salah satu tempat wisata terkenal di Kamboja dan tidak pernah luput dari daftar kunjungan setiap wisatawan yang berlibur ke Kamboja. Nama Angkor Wat sendiri memiliki arti “Kuil Kota”. Angkor Wat terletak di kota Angkor, Provinsi Siem Riep yang berjarak sekitar 350 km dari pusat ibukota, Phonm Penh. Angkor Wat adalah sebuah kuil atau candi Hindu yang berdiri pada abad ke-12 dengan dewa utamanya, Dewa Wisnu. Pada tahun 1992, Angkor Wat masuk dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO. Luas lahan dari obyek wisata ini sekitar 400 km2 yang terdiri dari ratusan kuil atau candi dengan kuil terbesar Angkor Wat. Untuk dapat memasuki wisata ini, pengunjung harus berjalan melewati jembatan panjang sebagai akses pintu masuk kedalam kuil. Di dalam kawasan wisata ini, Anda juga dapat mengunjungi kuil lain, seperti Bayon, Ta Keo dan Ta Phrom. Kuil-kuil di dalam kawasan Angkor Wat juga pernah menjadi lokasi syuting film Tom Raider, lho. Harga tiket masuk Angkor Wat USD 37 atau setara dengan sekitar Rp 518.000,- per orang.

Silver Pagoda

Silver Pagoda atau Pagoda Perak merupakan sebuah wihara yang didirikan pada abad ke 19. Wihara ini menyimpan beberapa harta karun nasional yang meliputi patung-patung Buddha emas dan giok di mana yang paling terkenal adalah sebuah Buddha kristal hijau kecil. Disebut Silver Pagoda sebab lantainya dilapisi oleh lebih dari 5.000 kotak berbahan perak dan masing – masing memiliki berat 1 kilogram. Anak tangga menuju Silver Pagoda terbuat dari marmer yang khusus didatangkan dari Italia. Di dalam bangunan ini terdapat patung Buddha yang terbuat dari emas dan dihiasi dengan 9.584 berlian 25 karat dengan berat 90 kilogram. Bangunan ini merupakan tempat ibadah resmi bagi Raja Kamboja.

Lokasi obyek wisata ini masih berada di kawasan Istana Raja Kamboja yang terletak di Kota Phnom Penh. Dikarenakan masih berada dikawasan kerajaan, pengunjung yang datang ke wihara diharapkan datang sekitar pukul 8 pagi, karena pada pukul 12 siang, wisata ini ditutup untuk umum disebabkan Raja dijadwalkan mengadakan acara dengan mengundang tamu-tamu kerajaannya. Wihara ini baru dibuka lagi untuk umum sekitar pukul 2 siang waktu setempat. (*)

Tags: , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: