Media Sosial Disebut Sebagai Pilar Kelima Demokrasi

Media sosial salah satu instrumen bagi warga untuk berpartisipasi dalam pembangunan.
, Majalah Kartini | 16/12/2016 - 20:30

 

.

MajalahKartini.co.id – Media sosial disebut sebagai pilar demokrasi oleh Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika Niken Widiastuti setelah pers yang merupakan pilar keempat sebagai penyeimbang eksekutif, legislatif dan yudikatif. “Media sosial telah menjadi instrumen yang paling berpengaruh dalam kehidupan warga,” kata Niken dalam acara Coffe Morning Perhimpunan Hubungan Masyarakat Indonesia (Perhumas) di Jakarta, Jumat (16/12).

Niken juga mengatakan media sosial menjadi instrumen bagi warga untuk berpartisipasi dalam pembangunan. Dia berharap penggunaan media sosial yang marak akan mendorong kemajuan masyarakat ke arah yang lebih baik. Informasi melalui media sosial menurutnya berlangsung dengan cepat, secara instan tersaji dan melimpah ruah sehingga masyarakat menjadi yang kebanjiran informasi.

“Misalnya, ada 10 berita yang bisa disiarkan langsung oleh 90 orang tanpa melihat sumbernya. Terkadang di tengah hiruk pikuk informasi, masyarakat tidak bisa membedakan mana informasi yang benar dan yang menyesatkan,” tuturnya. Dirinya berharap media sosial dapat digunakan untuk hal-hal yang positif dalam menyampaikan informasi yang relevan, memberdayakan, mendidik dan mencerahkan masyarakat. (Foto: Maxmanroe.com)

Tags: , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: