Mantan Komisioner KPI, Bimo Nugroho Tutup Usia

Bimo Nugroho dikenal teman sejawatnya adalah orang yang memiliki hasrat menulis yang tinggi.
, Majalah Kartini | 06/02/2017 - 13:41

Mantan Komisioner KPI Bimo Nugroho Tutup Usia

MajalahKartini.co.id – Mantan Komisioner Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Bimo Nugroho meninggal dunia, Minggu (5/2). Bimo meninggal di Rumah Sakit Medistra, Selatan, Pukul 15.40 WIB. Almarhum telah disemayamkan di rumah duka, Jl Kramat Swadaya No. 4 Ciater, Serpong, Tangerang Selatan. Menurut salah satu asisten KPI, renacananya, almarhum akan dimakamkan pada Selasa 7 Februari esok.

Bimo Nugroho merupakan anggota Komisioner KPI periode pertama, yakni pada 2003-2007 dan periode selanjutnya, 2007-2010. Almarhum merupakan suami dari aktivis antikorupsi, Taty Apriliyana. Bimo saat muda meruapakan seorang aktivis pers Universitas Gajah Mada. Bimo saat itu melarang mahasiswa melakukan demonstrasi soal SMPT (Senat Mahasiswa Perguruan Tinggi). Di mana kala itu terjadi pertentangan antara mahasiswa yang menentang SMPT dan yang mendukung. Seperti dikutip tribunnews jateng, yang menentang adalah kelompok KM UGM (Keluarga Mahasiswa UGM) dan yang pro adalah keloompok nahasiswa dikomandoi Anis Baswedan.

Selain itu, Bimo juga merupakan anggota SMY (Solidaritas Mahasiswa Yogyakarta), kemudian pada Agustung 1994, Bimo menjadi Pengurus Pusat SMID yang menjabat sebagai Ketua Departemen Hubungan Internasional. Saat menjadi aktivits, Bimo sempat merasakan makan sehari dua kali dengan menu sayur kangkung dan telur dadar yang begitu tipis.

Bimo dikenal rekannya, Petrus H Hariyanto, adalah orang yang memiliki hasrat tinggi dalam menulis. “Teman-temannya habis demontrasi seharian pasti langsung beristirahat, kalau Bimo tidak, dia tetap terjaga menulis,” tulisnya. Petrus juga bercerita, Bimo sempat menjadi buronan polisi bersama dirinya. Di dalam persembunyian, dia tetap bisa berkonsentrasi dalam menulis. Selain tulisannya tersebar di beberapa media, Bimo beberapa kali menulis artikel untuk buku “Laporan Tahunan HAM” yang diterbitkan TLBHI. (Foto: facebook/bimo.nugroho)

Tags: , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: