Manfaat Menakjubkan dari Buah Kurma

Kurma merupakan buah yang sangat akrab dengan Ramadan. Buah berwarna cokelat kehitaman ini seolah menjadi penganan wajib saat berbuka atau sahur.
, Majalah Kartini | 21/05/2019 - 12:00

MajalahKartini.co.idKurma adalah buah manis yang secara alamiah dikenal dengan nama Phoenix dactylifera. Ukurannya memang kecil. Tapi buah ini diketahui menyimpan kandungan energi, serat, vitamin, dan mineral yang dipastikan baik bagi kesehatan tubuh.

Foto: Istimewa

Kurma sendiri dipercaya sudah ditanam di kawasan Timur Tengah dan Afrika bagian utara sejak 7.000 tahun yang lalu. Buah kurma salah satu buah yang paling manis dan tersedia dalam berbagai varietas. Meski kurma bisa dimakan dalam kondisi masih segar, buahnya kerap dikeringkan yang menyerupai kismis atau plum kering. Tapi dalam kondisi masih segar atau sudah kering, manfaat kesehatan kurma masih cukup banyak.

Kurma tidak tepat sebagai gizi pembangkit tenaga jika dibandingkan dengan beberapa makanan lain seperti biji kiwi atau wijen. Namun buahnya tetap menawarkan banyak manfaat kesehatan bersamaan dengan cita rasa yang tinggi. Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan dari kurma.

  1. Sumber Energi

Dikutip dari The Fruit of the Date Palm’ dari Journal of Food Sciences and Nutrition menunjukkan bahwa kurma membantu seseorang mendapatkan kembali energi tubuhnya. Terlebih setelah belasan jam tubuh dalam keadaan kosong, tanpa diisi makanan apa pun. Hal ini karena kurma mengandung nutrisi dan gula alami, yang membangkitkan rasa lesu menjadi semangat. Cocok dikonsumsi saat sahur atau berbuka puasa dengan air, jika merasa lelah.

  1. Kesehatan Tulang Meningkat

Menurut seorang profesor Universitas Negeri North Dakota, Julie Garden-Robinson, kurma kaya kandungan boron, unsur mineral yang membantu tulang lebih sehat. Studi lain juga menunjukkan kurma kaya mineral, seperti fosfor, kalium, kalsium, dan magnesium. Mineral-mineral ini mampu memperkuat tulang dan memerangi penyakit tulang, seperti osteoporosis.

Baca Juga: Rajin Konsumsi Kurma Lancarkan Proses Persalinan

  1. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Kurma bermanfaat untuk membantu membersihkan sistem pencernaan. Ini karena kurma dapat melarutkan serat yang tidak dapat larut secara langsung dari makanan lain. Selain itu, manfaat lain yang berkaitan dengan serat dan kesehatan usus besar mengurangi risiko kolitis, kanker usus besar, dan wasir.

  1. Anti-Inflamasi

Studi mengungkapkan bahwa buah kurma yang asli, bukan manisan kurma, melindungi otak dari stres oksidatif dan inflamasi atau peradangan. Ini karena kurma kaya akan magnesium mineral yang dikenal dengan manfaat anti-inflamasinya.

  1. Mencegah Penyakit Jantung

Sebuah penelitian di Amerika Serikat menyimpulkan kurma mengurangi kadar trigliserida dan mengurangi stres oksidatif. Keduanya merupakan faktor risiko penyakit jantung dan aterogenesis. Selain itu, kurma menjadi sumber yang kaya akan potasium. Menurut penelitian, potasium mampu menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko stroke, serta penyakit terkait jantung lainnya.

Baca Juga: Angco, Kurma Tiongkok yang Simpan Banyak Manfaat!

  1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Kurma juga bisa membantu menurunkan berat badan. Jenis serat yang terkandung dalam kurma membuat Anda merasa kenyang untuk waktu yang lama dan mencegah lonjakan glukosa darah. Kurma pun mengandung antioksidan, seperti anthocyanin, fenolik, dan karoten. Zat-zat ini membantu membuang racun dari dalam tubuh, meningkatkan pencernaan, dan meningkatkan metabolisme, sehingga membantu penurunan berat badan.

Itulah berbagai manfaat kurma yang bisa didapatkan jika mengonsumsinya secara rutin. Selamat mencoba!

Tags: , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: