Manfaat Jalan Pagi Bagi Ibu Hamil Tua

Mulai dari turunkan risiko keguguran hingga mempermudah persalinan.
, Majalah Kartini | 19/02/2019 - 09:00

MajalahKartini.co.id – Ketika perempuan memasuki masa hamil besar bukan berarti Anda hanya tidur di rumah dan enggan melakukan apa-apa karena merasa tubuh yang semakin berat. Justru, saat hamil tua Anda harus lebih aktif bergerak, salah satunya rutin jalan pagi. Apa saja manfaatnya? Berikut ini di antaranya:

Turunkan risiko keguguran. Ibu hamil yang teratur melakukan jalan pagi, tubuhnya akan terlihat lebih bugar dan wajahnya selalu terlihat segar dan bercahaya. Daripada ibu hamil yang tidak pernah melakukan banyak gerakan selama masa kehamilan (sering tidur dan hanya duduk saja), jika tubuh ibu sehat maka akan sehat pulalah janin yang dikandung. Keuntungan lain selama jalan pagi si ibu akan menghirup banyak oksigen yang akan dialirkan kearah plasenta bayi yang berguna untuk perkembangan tubuhnya dan memperkuat rahim ibu.

Cegah peningkatan kadar gula. Selama hamil biasanya nafsu makan ibu akan meningkat seiring bertambahnya usia kehamilan, ini diakibatkan karena ibu harus memberi makan juga pada jabang bayi. Jika ibu makan makanan yang  mengandung banyak gula dan tidak di imbangi banyak gerak seperti rajin jalan pagi maka akan terjadi peningkatan kadar gula dalam darah pada usia kehamilan diatas 6 bulan. Kondisi ini sangat berbahaya bagi proses persalinan karena kadar gula yang tinggi cenderung menyumbat aliran darah.

Melenyapkan stres dan gelisah. Dapat melenyapkan stres dan rasa gelisah selama masa kehamilan hingga proses persalinan tiba jika ibu rajin jalan pagi. Alasannya karena semua urat dan pembuluh darah disekitar kepala sampai leher, akan mengendur dan ketegangan otot pada leher akan berkurang.

 

Psikologis ibu semakin kuat. Membuat kondisi psikologi pada ibu hamil semakin kuat dan percaya diri untuk menghadapi proses persalinan normal. Jalan pagi yang rutin dapat menyebabkan kondisi pikiran ibu menjadi lebih tenang  dan bisa lebih berkonsentrasi dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Dapat mencegah kecacatan pada bayi ketika masih didalam kandungan. Aktivitas gerakan dari jalan pagi yang teratur setiap hari dapat mencegah kecacatan pada bayi ketika masih dalam kandungan.

Mempermudah proses persalinan. Dapat mempermudah dan mempercepat proses kelahiran normal tanpa rasa sakit yang berkepanjangan karena selama jalan pagi. Sebenarnya semua otot disekitar rahim dan panggul akan terhindar dari ketegangan maka dari itu proses persalinan bisa menjadi mudah. (*)

Tags: , , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: