Manfaat Daun Seledri untuk Atasi Hipertensi

Selain obat-obatan kimia, bahan alami satu ini juga dipercaya ampuh atasi penyakit darah tinggi atau hipertensi.
, Majalah Kartini | 03/11/2018 - 13:00

MajalahKartini.co.id – Jangan remehkan penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi, karena jika tekanan darah tinggi melebihi angka 200 bisa sangat berbahay bagi penderita yang dapat memicu stroke. Oleh karena itu, segera lakukan pengobatan untuk mengatasi penyakit darah tinggi. Selain meminum obat dokter, daun seledri juga dipercaya dapat menurunkan tekanan darah secara alami. Cukup blender daun seledri disertai air, kemudian minum jus seledri secara rutin. Daun seledri mengandung gizi dan nutrisi yang sangat baik untuk para penderita hipertensi seperti kandungan phthalides, kumarin dan juga apigenin. Ingin mengetahui apa tiga kandungan tersebut? Mari simak paparan di bawah ini!

Phthalides. Salah satu kandungan kimia yang ada di dalam daun seledri adalah phthalides. Karena inilah daun seledri menghasilkan aroma dan rasa yang khas. Saat ini phthalides terbukti mampu melemaskan otot-otot halus yang menyelimuti pembuluh darah sehingga darah bisa mengalir lebih lancar. Tekanan darah tinggi memang salah satunya disebabkan karena adanya penyumbatan pembuluh darah. hal ini disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya adalah karena stress. Keuntungan lain dari phthalides ini juga mampu memproduksi hormone pengusir hormone stress yang melanda tubuh sehingga lebih mudah dalam proses penyembuhan bagi penderita tekanan darah tinggi.

Kumarin. Zat lainnya yang ada di dalam seledri adalah kandungan kumarin. Kumarin sangat bermanfaat bagi tubuh karena mampu menghalau datangnya zat karsinogenik yang lebih dikenal dengan istilah radikal bebas. Radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan sel dalam tubuh. selain itu manfaat lainnya adalah untuk membuat daya tahan tubuh meningkat sehingga tubuh tidak mudah sakit dan mampu merangsang produksi sel darah putih sehingga bibit penyakit dapat dibasmi dengan mudah oleh tubuh. hal ini akan berimbas pada penurunan tekanan darah secara signifikan bagi anda yang menderita tekanan darah tinggi.

Apigenin. Apigenin merupakan zat kimia bioflavonoid yang banyak ditemukan di dalam sayuran hijau. Ada banyak manfaat dari apigenin ini misalnya untuk anti iritasi, anti inflamasi, anti kanker, anti kuman dan anti septic. Fungsi lainnya dari apigenin ini adalah mampu melebarkan pembuluh darah sehingga darah lebih lancar saat mengalir. Hal ini tentunya sangat baik karena nantinya dapat mencegah terjadinya penurunan tekanan darah. selain mampu melebarkan pembuluh darah, manfaat lainnya adalah mampu mengurangi produksi hormone stress. Radikal bebas juga akan dibasmi lebih cepat dan ampuh dengan menggunakan apigenin ini.

Meski demikian, tetaplah konsultasikan ke dokter perihal tekanan darah tinggi Anda, karena manfaat seledri tidak dapat dipastikan sama di setiap penderita sakit darah tinggi. (*)

Tags: , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: