Makna Simbol Ikan Koi Dalam Perayaan Imlek

Keistimewaan ikan koi diyakini pembawa keberuntungan.
, Majalah Kartini | 28/01/2017 - 09:00

nian-gao-6_crop_640x357

MajalahKartini.co.id – Olahan ikan serta beragam kue manis berbentuk ikan tak jarang hadir saat perayaan tahun baru imlek. Ternyata ada beragam makna dari hewan air yang satu ini.

Dalam tradisi warga Tionghoa, ikan memiliki beragam makna. Dari sekian banyak ikan, ada satu ikan yang dianggap sebagai keberuntungan hidup yakni ikan koi. Hewan yang satu ini diyakini sebagai simbol keberuntungan, sumber rejeki, kemakmuran, kebahagiaan, kelimpahaan rezeki dan kebersamaan.

Ikan koi adalah simbol panjang umur karena dapat hidup dalam waktu yang lama dari ikan kebanyakan. Memelihara ikan koi di rumah dianggap dapat menjaga keutuhan keluarga karena mereka biasanya berenang secara berpasangan. Ikan koi juga merupakan lambang kesuburan karena cepat bereproduksi dalam jumlah yang banyak. Ikan koi disimbolkan hanya sebagai ikan pembawa keberuntungan maka ikan koi tidak untuk dikonsumsi secara langsung, hanya saja beragam olahan dibuat membentuk ikan dengan aneka warna tersebut.

Dalam jamuan saat perayaan tahun baru Imlek, sajian ikan biasanya dihidangkan sebagai sajian utama. Ikan yang disajikan secara utuh ialah ikan salmon, bandeng, salem dan ikan kerapu. Sajian ikan ini juga tak boleh dihabiskan secara langsung. Konon, sisa daging ikan yang bisa dimakan esok hari dapat mendatangkan rejeki yang berlimpah dan tak putus-putus di tahun yang akan datang.

Saat menikmati hidangan ikan juga terdapat pantangan yang tidak boleh dilakukan, yaitu dilarang untuk membalikkan ikan untuk memakan daging bagian lainnya karena ikan yang terbalik adalah simbol dari rejeki yang tumpah.(Nyoman Yunny Adnyani/
Foto : Selera Nusantara)

Tags: , , , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: