Makanan yang Sebaiknya Dikonsumsi dan Dihindari Saat Haid

Ketika haid, banyak aktivitas yang kerap terganggu akibat efek yang ditimbulkan. Maka, ketahui daftar makanan yang membantu haid berjalan lancar.
, Majalah Kartini | 16/09/2018 - 14:00

MajalahKartini.co.id – Setiap bulan, perempuan tentu akrab dengan hadirnya tamu alias haid (menstruasi). Biasanya, jika sedang haid, emosi kerap sedikit kurang stabil sehingga banyak yang lebih sensitif ketika menstruasi. Tidak hanya itu, keluarnya darah kotor ketika haid juga memberi efek pada kondisi tubuh, seperti mudah lelah, nyeri perut, dan sebagainya. Nah, supaya kegiatan Anda tetap berjalan lancar meski sedang mengalami haid, sebaiknya Anda memahami apa saja makanan yang sebaiknya dikonsumsi dan dihindari saat haid. Simak penjelasan di bawah ini!

Makanan yang Sebaiknya Dikonsumsi

  • Bayam sayur bayam mengandung banyak magnesium yang dibutuhkan untuk membantu mengatur fungi otot dan saraf. Sehingga para peneliti menyebutkan bahwa, rasa nyeri saat haid dapat diatasi dengan banyak mengkonsumsi bayam yang mengandung magnesium.
  • Teh herbal merupakan salah satu jenis minuman sehat yang akan memberikan rasa nyaman sekaligus meredakan keluhan kembung. Mengkonsumsi teh herbal akan membantu mengurangi kram ketika haid.
  • Ikan salmon kaya akan kandungan omega 3 dan juga vitamin D. Keduanya bermanfaat untuk menenangkan rasa kram dan juga keluhan kembung pada perut. Bahkan menurut penelitian, kandungan omega 3 pada ikan salmon berguna sebagai anti depresan.
  • Nanas mengandung zat bernama bromelain yang berguna untuk meredakan nyeri pada perut ketika haid. Kandungan bromelain dalam nanas berguna untuk mengendurkan otot-otot rahim yang kram sehingga rasa nyeri berangsur hilang.
  • Brokoli kaya akan kandungan serat, vitamin A, vitamin C, vitamin B6. potassium, dan juga magnesium yang efektif untuk meredakan rasa nyeri akibat haid.

Makanan yang Sebaiknya Dihindari

  • Makanan cepat saji atau yang sering disebut dengan junk food juga memiliki kandungan lemak jahat yang tinggi sehingga produksi hormon estrogen akan meningkat.
  • Kopi dan minuman bersoda merupakan jenis minuman yang sebaiknya dihindari ketika haid. Kandungan kafein dalam kopi akan menyempitkan pembuluh darah sehingga aliran darah ke area rahim menjadi tidak lancar. Sedangkan minuman bersoda memiliki kandungan gula yang cukup tinggi dan menyebabkan rasa nyeri semakin parah.
  • Makanan yang digoreng aneka gorangan mengandung kadar lemak yang sangat tinggi sehingga dapat meningkatkan produksi hormon estrogen yang memicu rasa nyeri semakin parah ketika haid. Maka, sebaiknya Anda hindari ketika sedang haid. (*)

Tags: ,

BAGIKAN HALAMAN INI: