Macron: Janji Membangun Kembali Katedral Notre Dame Paris

Kebakaran Katedral Notre Dame di Paris menyorot perhatian dunia, sebab terjadi seminggu menjelang hari Paskah. Pemerintah Perancis berjanji akan membangun kembali gereja yang sudah berusia 850 tahun lamanya itu.
, Majalah Kartini | 16/04/2019 - 10:00

Foto: Globalnews

MajalahKartini.co.id – Dunia berduka atas terbakarnya situs bersejarah Gereja Katedral Notre Dame Paris -Our Lady in Paris. Kebakaran terjadi seminggu menuju hari Paskah pada 21 April 2019. Salah satu bangunan bersejarah di Kota Paris itu terbakar pada Senin (15/4/2019) waktu setempat.

Sejumlah warga lokal terlihat terus melantunkan doa agar kebakaran yang terjadi cepat usai. Kobaran terjadi sekitar pukul 18.30 waktu setempat. Otoritas setempat mengerahkan sebanyak 400 pemadam kebakaran untuk menjinakkan api yang membakar situs abad ke-12 itu. Tak hanya bersejarah, situs tersebut sekaligus merupakan objek wisata yang menggaet 13 juta pengunjung per tahunnya.

Kebakaran Akibat Kecelakaan

Dikutip dari theguardian, Jean-Claude Gallet selaku Kepala Pemadam Kebakaran, berujar bahwa kobaran api dapat teratasi hingga ke sisi tempat lonceng gereja di sebelah utara.

Penyebab pasti dari kebakaran itu belum diketahui. Namun media Perancis melaporkan, diduga terkait dengan proyek renovasi Gereja Notre Dame. Pemerintah Perancis menginformasikan bahwa kebakaran yang terjadi kemungkinan merupakan suatu kecelakaan dan bukan dikarenakan serangan teror.

Penyebab lain dilontarkan bahwa perenovasian tersebut yang membutuhkan anggaran 6 juta euro (6,8 juta dolar AS) itu menyimpan banyak bahan 250 ton timah di sekitar lokasi. Sehingga kecelakaan terjadi dan membakar sebagian atap katedral dan menyebabkannya hancur.

Api Terkendali Setelah Puncak Menara dan Atap Hancur

Foto: CNN

Pejabat Perancis, Laurent Nunez mengatakan dua pertiga dari atap telah rusak akibat kebakaran tersebut. Kepala negara tertinggi Presiden Perancis, Emmanuel Macron mengumumkan kebakaran Katedral Notre Dame sebagai keadaan darurat nasional. Setelah mendengar dan mengetahui kabar terbakarnya Gereja Notre Dame, ia segera bergegas ke lokasi, lalu melakukan pertemuan di markas besar kepolisian Paris yang jaraknya tidak jauh dari gereja tersebut.

Menurut liputan PIXnews, dalam video Macron mengatakan bahwa ia berjanji akan membangun kembali gereja yang sudah berusia 850 tahun lamanya itu.

Tak luput dari perhatian adalah mantan Walikota Paris Bertrand Delanoë yang hampir tidak bisa menyembunyikan emosinya dengan mengatakan bahwa ia “sangat sedih” pada hancurnya katedral. Dia menambahkan, “Ini kehilangan yang tak terhindarkan, Notre-Dame de Paris harus hidup. Kita tidak harus pasrah pada hal ini … ini adalah warisan dari seluruh umat manusia,” pungkasnya.

Baca juga: Mengenal 5 Gereja Unik dan Bersejarah Dunia

Tags: , , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: