Lombok Dinobatkan Menjadi Destinasi Wisata Halal Terbaik

Lombok menjadi destinasi wisata halal nomor satu versi Indonesia Muslim Travel Index.
, Majalah Kartini | 10/04/2019 - 20:00
lombok

                                                                                Foto: Istimewa

MajalahKartini.co.id – Siapa yang tak kenal Lombok? Daerah yang dijuluki Pulau Seribu Masjid itu memang memiliki sejuta daya tarik. Bahkan, baru-baru ini keindahan alamnya terpilih menjadi destinasi wisata halal terbaik versi Indonesia Muslim Travel Index (IMTI) 2019. Seperti yang dilansir dari kompas.com, pengumuman peringkat ini disampaikan oleh CEO Crescent Rating dan Halal Trip, Fazal Bahardeen, di Kementerian Pariwisata, Jakarta 8/4/19) kemarin.

Dalam penilaian yang dilakukan oleh IMTI, di tahun 2019 Lombok memperoleh nilai tertinggi yakni 70. Sedangkan Sulawesi Selatan dan sekitarnya memperoleh poin terendah, yakni 33.

Lombok terpilih setelah mengalahkan sembilan destinasi wisata lainnya. Mereka adalah Aceh, Riau, Jakarta, Sumatera Barat, Jawa Barat, Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur dan sekitarnya, serta Sulawesi Selatan dan sekitarnya.

Baca Juga : Mencicipi Pesona Kuliner Khas Lombok Mandalika

Penilaian yang dilakukan oleh IMTI mengacu pada standar Global Muslim Travel Index (GMTI) yang terdiri dari empat komponen penilaian utama yakni Access, Communication, Environment, dan Services (ACES).

Masing-masing komponen memiliki tiga kriteria penilaian. Misalnya seperti Access yang terdiri dari persyaratan visa, air connectivity, dan transport infrastructure. Sementara komponen Communication, mencakup penjangkauan, kemudahan komunikasi, dan kehadiran digital,

Untuk komponen Environment mencakup safety and culture, visitor arrivals, dan enabling climate. Sedangkan untuk komponen Services mencakup core needs (halal food and prayers) core services (hotels, airports), dan unique experiences.(*)

Tags: , , , , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: