Lima Manfaat Berenang Bagi Ibu Hamil

Banyak jenis olahraga yang bermanfaat untuk para ibu hamil, salah satunya berenang.
, Majalah Kartini | 06/01/2019 - 10:00

MajalahKartini.co.id – Melalui masa kehamilan bukan berarti Anda harus membatasi kegiatan dan aktivitas Anda, tak terkecuali berolahraga. Pilih berbagai jenis olah raga yang memiliki banyak manfaat terutama untuk kehamilan Anda. Salah satunya adalah berenang. Simak lima manfaat berenang bagi ibu hamil berikut ini:

  1. Meningkatkan sirkulasi udara di dalam tubuh dengan cara meningkatkan fungsi kerja paru-paru melalui gerakan mengambil dan mengeluarkan napas saat berenang. Hal ini akan membantu memperbaiki pernapasan agar lebih teratur dan ibu tidak mudah merasa sesak akibat tekanan perbesaran rahim.
  2. Membantu memperkuat otot-otot rahim dan panggul karena dalam berenang sendiri pergerakan di daerah ini cukup banyak. Hal ini akan membantu melancarkan persalinan karena kelenturan dan kekuatan otot rahim dan panggul adalah sangat penting dalam proses persalinan nanti.
  3. Pergerakan yang santai saat berenang yang dilakukan secara teratur juga mampu membantu mengatasi salah satu ketidaknyamanan saat hamil yakni pembengkakan (oedema) yang sering terjadi terutama saat usia kehamilan trimester ketiga.
  4. Membantu melancarkan sirkulasi darah sekaligus menjaga fungsi jantung. Dengan begitu, kebutuhan nutrisi dan oksigen baik untuk ibu maupun janin akan berlangsung dengan baik dan lancar.
  5. Berenang yang dilakukan secara rutin selain membantu menyegarkan tubuh ternyata juga dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh sehingga ibu tidak mudah sakit, sekaligus memberikan manfaat juga bagi perkembangan janin yang dikandung. (*)

Tags: , , , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: