Lima Hal yang Baik Dilakukan Oleh Ibu Hamil

Masa kehamilan adalah masa penting yang dilalui setiap perempuan, maka jalanilah dengan sebaik-baiknya.
, Majalah Kartini | 27/12/2018 - 15:00

MajalahKartini.co.id – Mengalami masa mengandung tentu menjadi masa yang menyenangkan sekaligus mencemaskan bagi perempuan. Pasalnya, Anda senang akan memperoleh keturunan serta cenderung cemas karena harus lebih berhati-hati dalam melakukan segala hal. Meski demikian, kelima kegiatan di bawah ini tepat Anda lakukan ketika hamil karena banyak memiliki manfaat. Apa saja? Simak yuk!

Ikut Komunitas atau Forum Online Sesama Ibu Hamil. Perbanyak teman seperjuangan (sesama ibu hamil) untuk saling bertukar informasi, wawasan dan pengalaman seputar kehamilan. Komunitas ini dapat dengan mudah Anda temukan melalui forum di internet. Namun, pastikan Anda memilih komunitas yang tepat dan sesuai dengan karakter pribadi Anda ya, agar gabung dalam komunitas terasa semakin menyenangkan.

Menulis Jurnal Kehamilan. Jurnal kehamilan tidak hanya menjadi diary yang berisi cerita keseharian Anda, tapi juga catatan kesehatan janin dalam kandungan. Hal ini penting untuk mengetahui kemajuan demi kemajuan yang Anda alami dalam kehamilan. Catatan jadwal perika ke dokter atau semacamnya juga bisa Anda tulis di jurnal ini. Untuk lebih semangat, Anda bisa menghiasnya dengan gambar atau stiker lucu.

Melakukan Hobi. Ibu hamil harus menjaga rasa senang dalam dirinya untuk membawa energi positif bagi janin yang dikandung. Oleh karena itu, masa kehamilan adalah momen tepat untuk Anda fokus menyalurkan hobi Anda (dengan catatan, bukan hobi ekstrem yang membahayakan kehamilan). Hobi yang dapat menunjang kesenangan ibu hamil, di antaranya merajut, menyanyi, memasak, merawat tanaman, atau melukis.

Rutin Olahraga. Hamil bukan menjadi hambatan Anda untuk berolahraga, justru olahraga dibutuhkan ketika hamil guna menjaga stamina dan kesehatan tubuh sang ibu, serta persiapan menyongsong persalinan. Anda dapat ikut kelas olahraga khusus ibu hamil, semacam yoga dan lainnya. Teknik pernapasan tepat untuk bersalin yang diajarkan dapat membantu Anda nantinya. Selain itu, rutinlah untuk jalan pagi setiap hari.

Makan Sehat. Selain persiapan fisik, jangan lupa asupan nutrisi dan gizi melalui makanan yang Anda konsumsi. Asupan tersebut tak hanya penting untuk diri Anda tetapi juga janin yang Anda kandung. Hindari makanan cepat saji dan mengandung bahan pengawet, usahakan mengonsumsi makanan sehat, organik, dan jauh dari minyak.

Membaca Buku & Mendengarkan Musik. Ibu yang pintar akan melahirkan anak-anak yang pintar pula, oleh karena itu sebaiknya habiskan waktu luang Anda dengan banyak membaca. Pilih berbagai buku berwawasan sehingga memicu pola pikir dan menambah pengetahuan Anda. Selain membaca, Anda juga dapat mendengarkan musik klasik yang dapat menenangkan mood Anda dan janin dalam kandungan. (*)

Tags: , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: