Lima Cara Atasi Stres dan Jenuh di Kantor

Jangan sampai stres membuat Anda semakin terpuruk dan tidak dapat mengambil keputusan tepat.
, Majalah Kartini | 12/11/2018 - 12:05

MajalahKartini.co.id – Melakukan rutinitas yang berulang di kantor dari pagi hingga sore memang dapat membuat badan serta pikiran terasa jenuh. Jika demikian, semangat bekerja pun akan memudar sehingga Anda harus segera mengambil tindakan untuk memompa kembali semangat tersebut. Bagaimana cara mengatasi kejenuhan dalam bekerja? 5 tips berikut ini patut Anda perhatikan!

Alihkan Pikiran Sejenak. Jangan memaksakan diri untuk berpikir terlalu berat di tempat kerja jika itu justru membuat Anda semakin stres. Bila Anda punya waktu luang meski sedikit saja, manfaatkan untuk melakukan hal-hal favorit Anda. Entah itu membaca artikel lucu, menggambar, atau menulis untuk menghilangkan stres di kantor.

Curhat dengan Orang Terdekat. Terkadang peredam stres terbaik adalah dengan berbagi cerita dengan orang terdekat, seperti sahabat atau pasangan hidup Anda. Bercerita, apalagi dengan tatap muka secara langsung, merupakan cara yang paling efektif untuk meredakan ketegangan dan membuat Anda merasa lebih tenang. Mungkin mereka tidak bisa membantu masalah Anda, tetapi cukup dengan menjadi pendengar yang baik, serta memberikan masukan positif maka sosok tersebut dapat meringankan rasa stres dalam diri Anda.

Kelola Stres dengan Sehat. Apabila Anda mencoba mengatasi stres dengan makan makanan berlemak atau berminya, bermalas-malasan, merokok, atau bahkan minum alkohol, maka cara yang Anda lakukan itu adalah salah besar. Karena hal-hal tersebut justru bisa membuat Anda semakin stres dan tubuh tidak sehat. Olahraga rutin dan menjaga asupan makanan adalah kedua hal yang tidak boleh dilewatkan. Perlu Anda ketahui, pengaturan makan dan olahraga adalah hal yang paling penting untuk membuat Anda lebih kuat dan tahan terhadap stres.

Waktu yang Seimbang. Jangan terpaku dan tenggelam dalam kesibukan pekerjaan Anda yang berlarut. Buatlah jadwal yang seimbang untuk hidup Anda, dari kehidupan kerja dan kehidupan pribadi. Setelah lelah bekerja seharian, Anda dapat menghibur diri dengan berjumpa sahabat di kafe atau memanjakan diri di salon. Hindari stand by 24 jam sehari untuk bekerja atau sosok yang workaholic. Kondisi ini bisa merugikan Anda sendiri, baik secara mental maupun fisik.

Selalu Berpikir Positif. Stres di kantor bisa jadi merupakan hasil dari pikiran negatif Anda sendiri. Contohnya berpikiran negatif kalau target tidak akan tercapai, tugas tidak akan selesai, pekerjaan yang diberikan pasti sulit, rekan kerja pasti susah diajak kerja sama, dan sebagainya. Ini adalah pikiran pemicu stres Anda sendiri. Oleh karena itu, Anda harus membiasakan berpikir positif atas segala tantangan dan masalah yang mendera. Selalu cari jalan keluar dengan kepala dingin. (*)

Tags: , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: