Ledakan Bom Truk Menghantam Kabul

Juru bicara Kementerian Kesehatan Waheed Majroh mengatakan sedikitnya 49 tewas dan 320 orang terluka.
, Majalah Kartini | 31/05/2017 - 15:31

Ledakan Bom Truk Menghantam Kabul

MajalahKartinini.co.id – Ledakan bom truk pada Rabu (31/5) pagi menewaskan sedikitnya orang dan beberapa ratus lainnya luka-luka di Kabul, Ibu Kota Afganistan. Di lokasi kejadian, jasad korban ledakan bom bertebaran. Para saksi mata menggabarkan lusinan mobil terhampit dijalanan, sedangkan para penyintas terluka dan anak-anak sekolah perempuan panik mencari tempat aman, dengan para pria dan perempuan berjuang melewati pos pemeriksaan untuk mencari orang-orang yang mereka sayangi.

Target serangan tersebut masih belum jelas. Namun serangan itu menggarisbawahi peningkatan ketidakamanan di Afghanistan. Hampir sepertiga negara itu sekarang berada di luar kendali pemerintah. Lebih dari satu jam setelah ledakan, ambulans-ambulans masih mengambil korban yang terluka dan membawanya ke rumah sakit, sementara petugas pemadam kebakaran berjuang mematikan api yang membakar beberapa bangunan.

Juru bicara Kementerian Kesehatan Waheed Majroh mengatakan sedikitnya 49 tewas dan 320 orang terluka, dan angka-angka itu dikonfirmasi oleh pejabat kesehatan kedua dan media resmi pemerintah. Otoritas terkait mengingatkan bahwa korban bisa bertambah. “Mereka masih membawa jasad-jasad dan orang-orang yang terluka ke rumah sakit,” kata juru bicara senior Kementerian Kesehatan Ismael Kawoosi kepada kantor berita AFP.

Sementara itu, Kementerian Dalam Negeri menyeru warga Kabul menyumbangkan darah, mengatakan bahwa rumah sakit “sungguh-sungguh membutuhkannya”. Tidak ada yang segera mengklaim serangan itu, namun serangan itu terjadi saat Taliban meningkatkan “serangan musim semi” tahunannya.

ISIS juga mengklaim beberapa pengeboman belakangan di ibu kota Afghanistan, termasuk ledakan kuat yang menyasar konvoi NATO dan menewaskan sedikitnya delapan orang dan melukai 28 lainnya pada 3 Mei. Najib Danish, juru bicara kementerian dalam negeri, mengatakan temuan terkini menunjukkan bahwa serangan itu dilakukan menggunakan bom truk. (Foto: Ilustrasi)

Tags: , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: