Kontroversi Pernyataan Titiek Soeharto “Rp 50 ribu Dapat Apa?”

Kedua kubu timses Capres-Cawapres nomor urut 01 dan 02 sama-sama ingin membuktikan perihal uang sebesar Rp 50 ribu bisa dapat membeli apa.
, Majalah Kartini | 28/11/2018 - 11:00

MajalahKartini.co.id – Menjelang Pilpres 2019, kedua kubu Capres-Cawapres nomor urut 01 dan 02 saling beradu argumentasi. Berbagai isu mampu menarik pernyataan berbeda dari setiap kubu tim sukses. Isu yang paling ramai dibicarakan netizen belakangan ini adalah pernyataan Titiek Soeharto selaku Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi yang mengatakan bahwa zaman sekarang “Rp 50 ribu dapat apa?”.

Pernyataan tersebut pun dijawab oleh tim sukses Jokowi-Ma’ruf yang membuktikan dapat berbelanja di pasar dengan uang sebesar Rp 50 ribu. Sedangkan mendukung ucapan Titiek, seorang timses Prabowo-Sandi mengunggah struk makan bakso yang harganya di atas Rp 50 ribu untuk 2 mangkuk. Netizen pun ramai turut berkomentar.

Berbekal uang sebesar Rp 50 ribu, calon legislatif (Caleg) dari PDIP Kirana Larasati berbelanja di pasar tradisional daerah Bandung pada 19 November 2018 lalu. Kirana mula-mula membeli bawang merah, bawang putih, dan cabai seharga Rp 10 ribu. Setelah itu, dia membeli ayam 0,5 kg seharga Rp 16 ribu, lalu tahu-tempe Rp 15 ribu, dan tujuh butir telur ayam seharga Rp 9.000,-.

Tak hanya Kirana, tim Jokowi-Ma’ruf lainnya, Ruhut Sitompul juga melakukan hal yang sama di Pasar Kadipolo Solo. Dengan uang Rp 50 ribu, Ruhut membeli tempe Rp 10.000, beras dan telur Rp 21.500, bayam dan kangkung Rp 2.500, ayam 1/4 kg Rp 8.000, serta cabang dan item lain Rp 4.000. “Rp 50 ribu saya bisa dapat ayam, dapat sayur, dapat beras, dapat bawang, cabai, macem-macem, bahkan ada kembalinya,” tutur Ruhut kepada wartawan (23/11).

“Kami ingat beberapa ada headline dapat apa Rp 50 ribu, kita simpel ingin membuktikan apa benar tidak dapat apa-apa, jadi kita coba. Belanjanya sejujurnya ngasal, cuma mau membuktikan lima puluh ribu dapat apa, isu beredar tidak dapat apa-apa, begitu,” ucap Kirana.

Sementara Kepala Bidang Advokasi dan Anggota Dewan Pembina DPP Partai Gerindra Habiburokhman menilai apa yang dilakukan Ruhut dan Kirana adalah hanya untuk ‘menggoreng’ pernyataan Titiek. “Menurut saya, itu di-spinspin ya (digoreng). Seolah-olah Mbak Titiek menjabarkan sesuatu yang tak berdasarkan fakta,” pungkas Habiburokhman (23/11).

Melanjutkan adu argumentasi seputar “Rp 50 ribu dapat apa”, Habiburokhman lantas mengunggah struk makannya ke akun Twitter miliknya. Habiburokhman menulis bahwa uang Rp 50 ribu tak cukup untuk membeli 2 mangkuk bakso. “Lapor Oom, duit 50 ribu kagak cukup u jajan bakso dua orang,” tweet Habiburokhman (23/11). Langsung menanggapinya, Ruhut mengatakan “Ya makan di hotel bintang lima mungkin, kita kan rakyat,” ujar Ruhut.

Nah, kalau menurut Sahabat Kartini, kira-kira uang sebesar Rp 50 ribu bisa dapat apa saja berbelanja di pasar? (*)

Tags: , , , , , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: