Konsumsi Bayam untuk Kesehatan Tubuh Anda

Mengenal manfaat bayam yang sangat penting bagi tubuh Anda.
, Majalah Kartini | 03/09/2018 - 19:00

MajalahKartini.co.id – Sayuran hijau yang secara ilmiah dikenal sebagai Spinacia oleracea, dikenal memiliki antioksidan dan banyak nutrisi sehingga menjadi salah satu jenis sayuran yang dianggap sangat sehat untuk dikonsumsi karena memiliki banyak manfaat. Berikut beberapa manfaat bayam untuk kesehatan Anda.

Menurunkan Tekanan Darah
Bayam mengandung nitrat dalam jumlah besar, yang terbukti membantu mengatur tingkat tekanan darah sehingga sangat berpengaruh pada peningkatan kesehatan jantung dan penurunan risiko penyakit jantung.

Baik untuk Kesehatan Mata
Kandungan lutein dan zeaxanthin pada bayam sangat bermanfaat untuk kesehatan mata. Senyawa ini dapat membantu menghalangi atau membalikkan kerusakan yang disebabkan oleh sinar matahari. Selain itu, beberapa penelitian menunjukkan bahwa zeaxanthin dan lutein bekerja untuk mencegah degenerasi makula dan katarak, yang merupakan penyakit utama yang menyebabkan kebutaan.

Mengurangi Stres
Radikal bebas  dapat menyebabkan stres oksidatif, yang mempercepat proses penuaan. Ini juga meningkatkan risiko kanker dan diabetes. Bayam telah terbukti mengurangi stres oksidatif karena antioksidan yang ditemukan dalam bayam dapat membantu melawan penuaan dan mengurangi risiko kanker dan diabetes.

Mencegah Kanker
Sejumlah besar antioksidan dan senyawa lain yang terdapat pada bayam dapat menekan pertumbuhan sel kanker manusia. Beberapa penelitian mengaitkan bahwa dengan mengonsumsi bayam dapat menurunkan risiko kanker prostat juga dapat mencegah kanker payudara.

 

 

Tags: , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: