Konsumsi Bawang Putih Mentah Dapat Atasi Tiga Penyakit Berbahaya Ini!

Jangan anggap remeh manfaat salah satu bumbu dapur berwarna putih satu ini.
, Majalah Kartini | 07/02/2019 - 09:00

MajalahKartini.co.id – Setiap masakan jika dicampurkan dengan bawang putih pasti akan terasa lebih gurih dan lezat. Ternyata tak hanya dapat menjadi penyempurna makanan, bawang putih juga menyimpan banyak manfaat lain untuk kesehatan. Bahkan tiga penyakit berbahaya di bawah ini dapat Anda atasi dengan mengonsumi bawang putih secara mentah.

Menurunkan risiko kanker. Bawang putih mentah kaya akan kandungan senyawa sulfur bioaktif. Menurut National Cancer Institute di Amerika Serikat, senyawa tersebut bisa mencegah pembentukan sel kanker dalam tubuh. Ini karena sulfur bioaktif berfungsi untuk memperbaiki atau membunuh sel tubuh yang rusak, melindungi tubuh dari zat karsinogen, dan menghambat penyebaran sel yang tidak sehat. Berbagai penelitian ilmiah di seluruh dunia telah membuktikan khasiat makan bawang putih mentah untuk membunuh atau mengurangi berbagai jenis sel kanker seperti kanker payudara, kanker pankreas, dan kanker paru.

Mencegah penyakit jantung. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The Journal of Nutrition mengungkapan bahwa bawang putih mentah bisa membantu mengurangi penumpukan plak pada arteri koroner, yaitu pembuluh darah yang memompa darah ke jantung. Maka, mengonsumsi bawang putih mentah secara rutin dipercaya dapat mencegah pembentukan dan penumpukan plak pada arteri koroner. Hal ini tentu sangat bermanfaat bagi Anda yang memiliki berbagai jenis gangguan pada jantung.

Turunkan kadar kolesterol. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Postgraduate Medicine, mengonsumsi setidaknya 10 gram bawang putih mentah setiap hari selama dua bulan berhasil membantu menurunkan kadar kolesterol yang cukup banyak. Penelitian lain di Rafsanjan University of Medical Sciences juga menguak bahwa makan bawang putih mentah mampu meningkatkan kadar kolesterol baik sekaligus menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. (*)

 

Tags: , , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: