KONI Nyatakan Puas pada Pelaksanaan PON 2016

KONI merasa puas pada kinerja Pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional Indonesia (PON) 2016.
, Majalah Kartini | 29/09/2016 - 14:00

MajalahKartini.co.id – Jelang penutupan PON XIX, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat menyatakan puas dengan semua kinerja pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX tahun 2016 di Jawa Barat yang berlangsung di 16 kabupaten/kota dari tanggal 17-29 September. “Kami sangat puas dengan adanya pemecahan prestasi rekor dari atlet remaja, seperti dari renang dan cabor lainnya,” ujar Ketua KONI Pusat Tono Suratman dalam jumpa pers di Kota Bandung.

Tono berpendapat, torehan prestasi yang diraih dari atlet pada PON XIX bisa menjadi bahan kedepannya untuk pelatnas agar mendapat atlet terbaik yang akan bertanding di kompentensi Asian Games 2018 dan SEA Games 2017. Selanjutnya ia menambahkan, telah terjadi penurunan jumlah pelanggaran pada PON XIX/2016 Jawa Barat jika dibandingkan dengan PON XVIII/2012 Riau.

“Pelanggaran yang dihadapi Panitia Pengawas Daerah (Panwasrah), waktu di PON Riau 2012 lalu mencapai 41 tapi pada PON 2016 Jabar terjadi penurunan jumlahnya hanya sembilan,” kata dia. Ia mengatakan selama PON berlangsung seluruh laporan kasus pelanggaran dari kontingen kepada pengurus sudah diselesaikan oleh PB PON melalui rapat ketua kontingen.

“Walaupun ada konflik kecil yang terjadi seperti keributan di venue renang, itu adalah hal yang memang tidak dikehendaki, tapi kita maklumi bahwa semua kontingen ingin mendapatkan prestasi terbaik. Kita melalui Panwasrah melalui panpel untuk selalu melakukan evaluasi serta menerima saran dari para peserta dan official,” ungkap dia.

Harapan ke depannya pelaksanaan PON 2016 dan PON 2020 di Provinsi Papua bisa menjadi marwah pusaka Indonesia dalam memajukan bidang olahraga. “PON adalah salah satu marwah pusaka negara di bidang olahraga sehingga harus dijaga dan PON bukan soal medali tapi suatu karakter bangsa demi kemajuan dan perdamaian Indonesia,” pungkasnya. (Foto: ANT FOTO/Prasetyo Utomo)

Tags: , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: