Kolesterol Tinggi? Olahraga Ini Bisa Bantu Turunkan Kolesterol Jahat

Kolesterol tinggi memang menyakitkan, yuk lawan dengan gerakkan olahraga raga berikut ini.
, Majalah Kartini | 23/07/2019 - 08:00

MajalahKartini.co.id – Gaya hidup yang kurang sehat ditambah dengan konsumsi makanan yang kurang serat dan memiliki kalori tinggi, menjadi salah satu pemicu kolesterol jahat. Tidak hanya itu, kurangnya olahraga juga menjadi faktor mengapa kolesterol Anda terus tinggi.

Oleh karena itu, Anda harus rajin berolahraga agar angka kolesterol Anda dapat turun dengan mudah. Tidak perlu berolahraga berat, cukup melakukan olehraga ringan seperti dibawah ini sudah mampu membantu menurunkan kolesterol anda.

Renang

kolesterol jahat

sumber: istimewa

Tidak semua olahraga dirasa aman untuk para penderita kolesterol. Renang menjadi salah satu olahraga yang aman untuk para penderita penyakit yang satu ini. Olahraga yang satu ini dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL).

Lari

sumber: istimewa

Selain murah olahraga yang satu ini juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan yakni untuk menurunkan kolesterol. Olahraga ini merangsang produksi enzim tertentu untuk memindahkan LDL atau kolesterol jahat dari darah ke hati, tempat dimana LDL akan diproses untuk dibuang keluar tubuh.

Yoga

kolesterol jahat

sumber: istimewa

Berbeda dengan olahraga lainnya yang harus mengeluarkan banyak gerakan secara terus menerus, Yoga merupakan olahraga kombinasi antara gerakan, pernapasan, dan ketenangan pikiran. Tidak hanya dapat mengurangi stress, ternyta yoga juga mampu meningkatkan HDL (kolesterol baik) dengan persentase yang beragam.

Senam Aerobik

sumber: istimewa

Olahraga aerobik dapat membuat jantung memompa lebih kuat dan lebih cepat sehingga mampu menurunkan kolesterol dalam darah. Dengan melakukan gerakan aerobik, ini akan membantu meningkatnya metabolisme dalam tubuh yang artinya tubuh Anda akan membakar kalori lebih banyak termasuk LDL.

Tags: , , , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: