Kini Jembatan Suramadu Dapat Dilewati Tanpa Biaya Alias Gratis!

Presiden Jokowi meresmikan kebijakan tersebut guna mendukung kemajuan perekonomian Madura.
, Majalah Kartini | 28/10/2018 - 09:00

MajalahKartini.co.id – Tol jembatan Suramadu yang menghubungkan antara Pulau Jawa (Surabaya) dan Pulau Madura (Bangkalan) melalui selat Madura ini resmi digratiskan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Sabtu (27/10). Sebelumnya, kendaraan yang melewati jembatan tol sepanjang 5.438 m ini dikenakan biaya layaknya memasuki jalan tol pada umumnya, namun kini Presiden Jokowi menghilangkan beban biaya tersebut.
Acara peresmian pembebasan biaya tol itu berlangsung di tengah Jembatan Suramadu, tepatnya di jalur dari arah Bangkalan menuju Surabaya, Jawa Timur. Presiden Jokowi yang ditemani Ibu Negara Iriana ikut tampak melempar senyum sumringah kepada seluruh masyarakat dan media yang hadir.

Presiden Jokowi menjelaskan alasan membebaskan biaya tol Jembatan Suramadu tersebut, bermula dari adanya masukan dari para tokoh masyarakat dan agama serta Ikatan Keluarga Madura (Ikama) di tahun 2015 yang ingin agar biaya untuk sepeda motor dibebaskan. Setelah menghitung dan menimbang, akhirnya Presiden Jokowi sepakat mengubah nama Tol Jembatan Suramadu berganti jadi Jembatan Suramadu non tol. Dengan demikian, masyarakat bebas melintas tanpa dikenai biaya.

“Kita harapkan dengan menjadi jembatan non tol biasa kita berharap pertumbuhan ekonomi Madura akan semakin baik, investasi akan datang semakin banyak, properti turis akan semakin berkembang, dan insyaAllah pertumbuhan ekonomi akan kelihatan,” ujar Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi membantah kebijakannya ini terkait dengan politik. “Ya kalau kita mau urusan politik nanti saya gratiskan bulan Maret saja, tahun depan. Jangan apa-apa dikaitan dengan politik, ini urusan ekonomi, investasi, kesejahteraan, keadilan,” tegas Jokowi. (*)

Tags: , , , , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: