Ketika Minum Kopi Jadi Tren Gaya Hidup Kaum Urban

Kini, kopi dipandang sebagai minuman yang fun bukan minuman orangtua yang serius,
, Majalah Kartini | 28/10/2016 - 07:00

MajalahKartini.co.id – Kopi sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat urban, khususnya di kalangan anak muda. Rasa dan aroma kopi yang khas, menjadikan kopi sebagai minuman yang banyak dipilih untuk segala suasana. Tidak heran, kopi menjadi minuman kedua yang paling banyak dikonsumsi orang Indonesia.

Data dari LPEM UI tahun 2013, menunjukkan konsumsi kopi domestik mencapai 1 kilogram per kapita per tahun. Sementara itu, data dari ICO (International Coffee Organization) menunjukkan, pertumbuhan peminum kopi di Indonesia berkembang pesat, bahkan lebih besar (>8%) daripada dunia (6%).

Menurut coffee expert Adi Taroe Pratjeka, ini didasari oleh tren ngopi ke kedai kopi mahal dan menikmati kemudahan kopi di rumah tinggal. Terjadi perubahan usia peminum kopi. “Dulu, kopi adalah minuman orang tua. Sekarang, anak muda dan remaja juga bisa menikmati kopi. Kini, kopi dipandang sebagai minuman yang fun, bukan minuman orangtua yang serius,” ujar Adi pada press conference Top White Coffee di JFW, Jakarta, Rabu (26/10).

Peminum kopi awal biasanya memilih kopi yang dicampur gula dan creamer yang rasa kopinya lebih halus dan manis, kopi putih bisa menjadi pilihan untuk peminum seperti ini. Dalam 10 tahun terakhir, industri kopi di Indonesia semakin bergairah. Produksi kopi olahan pun makin berkembang, menawarkan kopi yang praktis tanpa kehilangan citarasa kopi asli. “Dan, kemudahan menyeduh kopi instan itu yang tidak terkalahkan,” ujar Adi. (Foto: Andim)

Tags: , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: