Ketahui Risiko Hamil di Usia 35 Tahun Ke Atas

Seperti diketahui, Meghan Markle kini tengah mengandung di usia 37 tahun, aman kah?
, Majalah Kartini | 19/10/2018 - 18:00

MajalahKartini.co.id – Saat ini kabar mengenai kehamilan Meghan Markle tengah viral. Tak sedikit orang yang memperbincangkan istri dari Pangeran Harry tersebut. Mulai dari larangan istana seputar kehamilan, hingga jenis kelamin sang buah hati kelak. Tidak hanya itu, usia Meghan yang kini menginjak 37 tahun juga membuat banyak orang penasaran dan mengulik informasi seputar risiko hamil dan melahirkan di usia lebih dari 35 tahun. Jika Anda juga termasuk orang yang penasaran akan hal tersebut, dilansir dari Alodokter, terdapat beberapa risiko yang dihadapi perempuan hamil di atas usia 35 tahun. Berikut ini rangkumannya.

Menurunnya tingkat kesuburan

Setelah usia 35 tahun, kesuburan perempuan cenderung menurun sehingga relatif lebih lama menanti datangnya buah hati. Hal ini dilatarbelakangi kondisi-kondisi berikut; Penurunan jumlah dan kualitas sel telur yang diproduksi, perubahan hormon yang berakibat pada perubahan ovulasi, lebih tingginya kemungkinan ada kondisi medis tertentu seperti endometriosis yang dapat memengaruhi peluang kehamilan.

Bayi yang tidak normal

Pembelahan sel telur yang abnormal, disebut nondisjunction, menyebabkan kemungkinan  memiliki anak dengan cacat lahir atau kondisi akibat kelainan kromosom seperti sindrom Down, akan meningkat seiring pertambahan usia wanita. Kondisi tersebut diperkirakan akan terjadi pada 1 dari 30 ibu hamil yang berusia 45 tahun ke atas.

Risiko keguguran

Risiko keguguran pada usia kehamilan sebelum 4 bulan atau bayi meninggal di dalam kandungan meningkat sekitar 20-35 persen pada wanita berusia 35-45 tahun dibandingkan dengan mereka yang hamil pada usia 20-an. Keguguran umumnya disebabkan oleh masalah pada kromosom atau genetika janin.

Bayi lahir prematur atau berat badan kurang dari normal

Wanita yang melahirkan setelah usia 35 tahun lebih berisiko melahirkan bayi prematur atau lahir dengan berat badan yang tidak normal. Selain itu, lebih berisiko juga melahirkan bayi dengan komplikasi kesehatan.

Gangguan kesehatan pada sang ibu

Gangguan kesehatan seperti tekanan darah tinggi dan diabetes dapat muncul di saat sedang hamil, dan kondisi-kondisi ini lebih umum terjadi pada ibu hamil di usia 30 hingga 40-an. Selain itu, wanita hamil pada usia ini juga cenderung lebih berisiko mengalami komplikasi seperti plasenta previa dan preeklamsia.

Operasi caesar

Risiko komplikasi pada wanita yang hamil pada usia 35 tahun ke atas, seperti plasenta previa, membuat mereka lebih sering menjalani proses persalinan dengan operasi caesar. (*)

Tags: , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: