Ketahui Praktik Gizi Seimbang dalam “Piring Makanku”

Saat ini masih banyak masyarakat yang belum memahami konsep gizi berimbang., bagaimana praktiknya dalam kehidupan sehari-hari?
, Majalah Kartini | 26/01/2018 - 09:02

MajalahKartini.co.id – Jika kelebihan gizi akan menjadi masalah, sementara kekurangan gizi pun menjadi masalah. Seperti apa konsep gizi seimbang secara sederhana yang bisa dipahami oleh masyarakat awam? Konsep gizi seimbang menurut dr. Monique C. Widjaja, MGizi, SpG, ahli gizi dari Rumah Sakit Awal Bros Tangerang, makanan yang dikonsumsi memenuhi unsur-unsur zat gizi yang lengkap (karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, air dan serat) dalam jumlah cukup tidak berlebihan dan tidak kekurangan, dan sesuai untuk kebutuhan tubuh.

1. Praktik gizi seimbang dalam keluarga
–  Frekuensi makan 3 x sehari
–  Makanan yang disajikan memenuhi kelengkapan zat gizi dalam jumlah cukup dan sesuai dengan kebutuhan keluarga
–  Makanan yang disajikan bervariasi
–  Tidak jajan di luar setiap hari
–  Olahraga cukup

Salah satu praktik penyajian gizi berimbang adalah dengan konsep “Piring Makanku” yang memenuhi kaidah gizi seimbang. Berikut penyajian “Pring Makanku” :
– Setengah dari piring makan berupa sayur dan buah beraneka jenis dan warna
– Seperempat berupa protein baik hewani (telur/ayam/ikan/daging) maupun nabati (kacang-kacangan), batasi konsumsi produk olahan
– Seperempat berupa karbohidrat kompleks (biji2an/beras) artinya membatasi karbohidrat simpleks (gula, tepung-tepung-an dan produk turunan dari tepung)
– Konsumsi minyak secukupnya, sebisa mungkin bukan berasal dari gorengan
– Minum air putih sesuai kebutuhan. Teh/kopi diperbolehkan asal tidak ditambahkan gula. Hindari minuman kemasan dengan kadar gula yang tinggi.

Dalam praktik gizi seimbang untuk anak-anak, lanjut Monique bisa dimulai dengan mengonsumsi beraneka ragam makanan, kenalkan semua jenis makanan. “Kurangi makanan yang manis/berasal dari tepung-tepung-an dan turunannya, dan makanan yang terlalu asin/gurih. Biasakan untuk makan sayur dan buah beraneka ragam. Untuk menunjang pertumbuhan perhatikan asupan kalsium dan vit D. Jangan lupa aktivitas fisik yang cukup,” tambahnya.

Sementara bagi Anda seorang permepuan yang aktif dan produktif, konsumsi beraneka ragam makanan. Kurangi makanan cepat saji dan makanan olahan. Cukup minum air putih atau teh kopi tanpa gula. Perhatikan juga asupan kalsium dan vitamin D. Makan sayur dan buah beraneka ragam dalam jumlah yang cukup. “Jangan lupa olahraga dan istirahat cukup serta hindari stres,” ucapnya. (Foto: Doc Pribadi/Gizinet)

Tags: , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: