Ketahui Pentingnya Sarapan Sebelum Anak Pergi Sekolah

Terdapat segudang manfaat untuk anak jika mereka menghabiskan sarapannya terlebih dahulu sebelum pergi sekolah.
, Majalah Kartini | 02/10/2018 - 09:00

MajalahKartini.co.id – Sahabat KARTINI, jangan sepelekan sarapan untuk anak sebelum mereka berangkat ke sekolah. Pasalnya, sarapan penting untuk memengaruhi daya pikir mereka di sekolah. Hal ini diungkapkan oleh Ronald E. Kleinman, M.D., dokter spesialis gastroenterologi anak serta pakar nutrisi yang mengajar di Harvard University, Amerika. “Secara rata-rata, anak yang tidak pernah sarapan memiliki daya pikir dan kemampuan mengingat yang lebih rendah dibandingkan mereka yang makan setiap pagi,” ujar dr. Kleinman.

Penyataan tersebut juga dibuktikan melalui survei di Inggris terhadap beberapa orang murid yang tidak terbiasa sarapan sebelum berangkat ke sekolah. Hasilnya, mereka yang hampir tidak pernah makan pagi akan lebih sulit berkonsentrasi, tidak cepat tanggap, dan memiliki perhatian amat rendah terhadap pelajaran.

Nah, ada banyak manfaat sarapan sebelum sekolah yang akan anak-anak peroleh. Apa saja, berikut ini di antaranya:

1.   Disiplin Waktu
Anak-anak yang terbiasa menghabiskan sarapan sebelum berangkat sekolah tentu memiliki manajemen waktu yang lebih baik. Mereka terbiasa bangun lebih pagi, sehingga memiliki waktu lebih luang untuk menikmati sarapan sebelum berangkat ke sekolah. Disiplin waktu mampu menghindari anak dari kebiasaan terlambat sekolah.

2.  Sebagai Pasokan Energi
Bangun tidur di pagi hari, kondisi perut anak kosong. Karena itu, penting untuk memberikan asupan nutrisi kepada anak. Mungkin kita menganggap bahwa kegiatan belajar siswa tidak terlalu membutuhkan tenaga dan energi, padahal dalam proses belajar anak juga sangat membutuhkan suplai energi yang digunakan untuk berpikir, menganalisa pelajaran dan fokus pada pembelajaran. Itulah mengapa pentingnya sarapan begitu mempengaruhi prestasi anak. Maka, jaga pula kandungan nutrisi yang Anda berikan kepada anak.

3.   Anak Terhindar dari Penyakit Maag
Penyakit maag biasanya muncul karena produksi asam lambung yang meningkat di dalam perut. Nah, salah satu penyebab utamanya yakni kebiasaan membiarkan perut kosong dari pagi alias tidak sarapan. Maka itu, anak sangat dianjurkan untuk sarapan terlebih dahulu sebelum beraktivitas.

4. Mencegah Obesitas
Ternyata, melewati sarapan justru dapat membuat anak terasa cepat lebih lapar, dan berakibat anak akan mengonsumsi lebih banyak lagi makanan yang belum tentu sehat di sekolah. Di sinilah alasan mengapa pentingnya sarapan untuk anak. Karena Anda sebagai orang tua bisa memperhatikan jumlah kalorinya, seperti dengan memberikan roti gandum, pisang, telur, susu dan bahan makanan sehat lainnya.

5.  Menjaga Mood Anak
Perut yang kosong ternyata dapat mempengaruhi mood anak, baik mood belajar maupun bersosialisasi dengan teman sebayanya. Anak yang beraktivitas dengan perut kosong, sering kali juga membuatnya lebih mudah tersinggung. (*)

Tags: , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: