Kenali Penyebab Masalah Bau Badan dan Cara Menanganinya

Mari kenali masalah bau badan dan bagaimana cara menanganinya agar Anda bebas melakukan aktivitas dan tampil lebih percaya diri.
, Majalah Kartini | 03/09/2018 - 11:00

MajalahKartini.co.id – Masalah bau badan sangat mengganggu tingkat kepercayaan diri setiap orang karena sangat mengganggu dan membuat tidak nyaman, itu terjadi dari efek bakteri yang memecah protein menjadi asam tertentu. Jika memakai deodorant saja tidak cukup, maka perhatikan hal-hal berikut ini yang menjadi penyebab masalah bau badan yang mungkin belum anda ketahui juga cara penanggulangannya.

Faktor Makanan
Segala sesuatu yang Anda konsumsi dapat menjadi faktor terbesar dalam mempengaruhi bau badan Anda. Seringnya mengonsumsi makanan beraroma seperti bawang dapat membuat keringat Anda berbau tak sedap. Begitupun dengan makanan yang cenderung membuat Anda lebih banyak mengeluarkan keringat seperti cabai, makanan pedas, kafein dan alkohol pun menjadi salah satu penyebabnya. Maka itu konsumsilah buah-buahan dan sayuran juga jangan lupa untuk perbanyak konsumsi air putih setiap harinya untuk membuang racun dalam tubuh.

Pemilihan Produk untuk Tubuh yang Tidak Tepat
Seringkali Anda memilih produk-produk untuk tubuh berdasarkan harum favorit Anda, padahal tak ada jaminan jika produk-produk tersebut dapat menjaga tubuh Anda tetap segar dan harum. Jika Anda memiliki masalah dalam bau badan, gunakan berbagai produk anti perspirant yang memiliki aluminium klorida yang dapat mengontrol keringat dan mengatasi masalah bau badan tak sedap.

Kurang Menjaga Kebersihan Tubuh
Jika Anda memiliki segudang aktivitas dan melakukan banyak kegiatan yang dapat membuat produksi keringat meningkat. Walaupun keringat tak berbau sedikit pun, namun adanya bakteri pada kulit Anda yang berkembang biak sehingga dapat menyebabkan bau tak sedap pada tubuh Anda. Bersihkan tubuh Anda setidaknya dua kali sehari untuk membersihkan tubuh dari kotoran, keringat, minyak dan debu.

Memakai Baju yang Kotor
Jangan sepelekan dalam mengganti pakaian, hindari penggunaan pakaian yang sama tanpa mencucinya terlebih dahulu. Bakteri dan keringat yang menempel pada pakaian dapat mendukung bau tak sedap pada tubuh. Ganti pakaian sesering mungkin karena menggunakan pakaian yang bersih dapt terhindar dari masalah bau badan.

Cara Mengeringkan Tubuh yang Salah
Penyebab yang satu ini mungkin bisa dikatakan adalah faktor terkecil dari masalah bau badan, namun menjadi sangat penting untuk diperhatikan. Tanpa Anda sadari, pernahkah Anda mengeringkan tubuh seadanya sehabis mandi? Meninggalkan beberapa area tubuh dalam keadaan sangat lembap atau masih sedikit basah. Kelembapan pada area tertentu juga dapat memicu keringat keluar lebih cepat saat Anda akan melakukan aktivitas nantinya. Pastikan area-area yang sering berkeringat kering dan tidak lembap sebelum Anda melakukan aktivitas.

 

Tags: , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: