Kenali Makanan Ibu Menyusui Agar BAB Bayi Lancar

Bayi BAB (buang air besar) lancar adalah salah satu tanda pencernaan sehat. Ketika bayi tidak BAB selama berhari-hari tentunya ada masalah dalam sistem pencernaan bayi.
, Majalah Kartini | 13/05/2019 - 12:00

MajalahKartini.co.id – Masalah sembelit merupakan salah satu penyakit yang sering terjadi. Sembelit terjadi dikarenakan fases yang sulit dikeluarkan hingga berhari-hari.

Foto: Istimewa

Bayi BAB (buang air besar) lancar adalah salah satu tanda pencernaan sehat. Ketika bayi tidak BAB selama berhari-hari tentunya ada masalah dalam sistem pencernaan bayi. Perlu diketahui frekuensi buang air besar (BAB) pada bayi ketika sudah menginjak usia lebih dari enam minggu. Maka dari itu seorang ibu yang memberikan ASI ekslusif perlu mengonsumsi makanan yang memiliki gizi berimbang.

Ada beberapa cara membantu pencernaan bayi tetap lancar dan tidak timbul masalah sembelit.  Salah satunya dengan memerhatikan asupan makanan berikut ini.

  1. Lemak yang cukup

Untuk memberikan nutrisi dan energi pada bayi, sekaligus menjaga pencernaan lancar, lemak sehat diperlukan bayi. Asupan lemak sehat bisa didapat dari kaldu daging atau minyak ikan.

Baca Juga: Dukung Pekan ASI Sedunia, Ini 4 Pilar Keberhasilan Ibu Menyusui

  1. Telur

Telur termasuk makanan yang kaya akan protein. Jenis bahan makanan yang mengandung protein sangat baik untuk kualitas ASI, apalagi saat nutrisinya sampai ke tubuh bayi. Mengonsumsi makanan yang mengandung protein tinggi dapat memberikan manfaat untuk bayi, salah satunya melancarkan pencernaan lebih baik.

  1. Oatmeal

Oatmeal adalah makanan yang terbuat dari gandum memiliki kandungan serat yang sangat tinggi. Selain kandungan serat tinggi pada oatmeal dapat menstabilkan gula darah saat menyusui.

  1. Apel

Apel termasuk salah satu buah yang bisa dikonsumsi selama memberikan ASI eksklusif. Kandungan buah apel yang mengandung kalium serta asam organik dapat bermanfaat untuk membuat feses lebih lunak. Bahkan konsumsi apel selama menyusui dapat membantu bayi mengurangi lemak jahat dan melancarkan buang air besar.

  1. Yogurt

Yogurt tidak hanya berguna sebagai pelunak feses, tetapi juga memiliki probiotik yang penting untuk melawan infeksi saluran kemih (ISK). Untuk menghindari sembelit, ibu menyusui dapat mengonsumsi setengah cangkir yogurt setiap harinya.

Baca Juga: Inilah 7 Keberhasilan Ibu Menyusui dari WHO

  1. Pepaya

Pepaya merupakan buah dengan nutrisi baik selama proses menyusui. Nutrisi yang dikonsumsi akan masuk ke dalam ASI dan akan diminum oleh bayi. Selain mengandung antioksidan dan mempercepat penyembukan luka, buah pepaya bisa dikonsumsi karena bermanfaat sebagai pelancar BAB dan mencegah sembelit.

  1. Bayam

Selain buah, sayuran hijau memiliki banyak nutrisi baik untuk kesehatan dan perkembangan bayi. Bayam bisa diolah menjadi berbagai menu makanan di rumah demi membantu nutrisi ASI menjadi berkualitas.

  1. Alpukat

Buah alpukat menjadi salah satu yang dianjurkan untuk ibu menyusui karena kandungan nutrisi. Buah-buahan seperti ini saat dikonsumsi selama menyusui dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas ASI. Perlu diketahui bahwa buah alpukat memiliki serat yang tinggi yaitu sekitar 2,2 gram. Karena itu, alpukat yang masuk ke dalam ASI mampu melancarkan buang air besar dan mencegah terjadinya sembelit.

  1. Infused water kiwi

Kiwi memiliki kandungan serat dan vitamin C yang lumayan tinggi. Buah berdaging hijau ini merupakan sumber serotonin yang berperan penting menjaga kesehatan dalam pencernaan.

Baca Juga: Ibu Menyusui Wajib Perhatikan Ini Sebelum Puasa

  1. Buah beri

Kategori buah beri seperi blueberry atau stroberi termasuk buah yang baik saat dikonsumsi oleh ibu menyusui. Buah beri sangat dikenal memiliki kalori rendah dan mengandung serat yang cukup tinggi.

  1. Air putih

Air putih mengandung banyak manfaat untuk tubuh. Dengan membiasakan minum air putih dengan jumlah yang cukup setiap harinya, dapat dipastikan bahwa kondisi tubuh akan terus prima.

Itulah makanan yang diperlukan untuk mencegah bayi sembelit. Jadi, diperlukannya perhatian makanan khusus untuk ibu menyusui ASI ekslusif untuk bayi.

Tags: , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: