Kenali Ciri-ciri Batuk Karena Penyakit Jantung

Jangan sepelekan batuk yang terus-menerus dan tak kunjung sembuh!
, Majalah Kartini | 10/09/2018 - 14:00

MajalahKartini.co.id – Penyakit batuk pada umumnya kerap diremehkan dan tergolong ke dalam penyakit tidak serius, karena seiring berjalan waktu sistem kekebalan tubuh dapat menyembuhkan batuk dengan sendirinya. Namun, jika batuk yang Anda alami berlangsung lama, terus-menerus dan tak kunjung sembuh, maka Anda wajib waspada dan memeriksakan diri ke dokter. Mengingat batuk dapat menjadi ciri awal terjadinya sesuatu yang tidak benar pada kondisi jantung Anda.

Ketahui ciri-ciri batuk yang mengacu pada penyakit jantung berikut ini:

Nyeri Pada Dada. Coba Anda rasakan, apakah ketika batuk kemudian Anda merasakan bahwa dada terasa nyeri dan tidak nyaman? Jika iya, maka hal tersebut dapat menjadi sebuah indikasi kondisi jantung yang kurang sehat.

Sesak Nafas. Ciri-ciri bahwa jantung Anda bermasalah juga dapat diketahui melalui sesak nafas yang Anda alami ketika sedang batuk. Hal ini disebabkan oleh jantung anda yang sedang mengalami masalah seperti mengalami beberapa masalah atau penyakit. Perlu Anda ketahui, salah satu penyakit yang bisa menyebabkan Anda mengalami sesak nafas adalah penyakit jantung atau yang disebut dengan penyakit kardiovaskuler.

Sakit Pada Tenggorokan & Rahang. Jika ketika batuk Anda merasakan area tenggorokan dan juga rahang terasa sakit maka disarankan Anda menemui dokter spesialis jantung segera. Anda bisa melakukan EKG atau alat yang digunakan untuk melakukan perekaman jejak jantung untuk memastikan apakah kondisi yang Anda alami berkaitan dengan jantung atau tidak.

Batuk  Terus-Menerus. Ciri-ciri lainnya batuk karena penyakit jantung adalah batuk yang tak kunjung sembuh dan secara terus-menerus dialami oleh si penderita. Anda harus ingat bahwa jantung dan juga paru-paru merupakan organ dalam yang memiliki fungsi yang sangat vital. Jantung memiliki fungsi utama yakni memompa darah dan kemudian mengalirkannya ke seluruh tubuh. Jika jantung mengalami gangguan seperti misalnya penyakit atau infeksi, maka otomatis pasokan oksigen yang menuju paru-paru akan terganggu sehingga kemudian akan mengakibatkan kantung udara yang ada di dalam paru-paru yang seharusnya berisi air, malah akan berisi cairan atau lendir yang kental. Hal inilah yang menjadi sebab seseorang akan mengalami batuk secara terus-menerus yang biasanya akan disertai dengan keluarnya lendir putih atau yang disebut dengan dahak. (*)

Tags: , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: