Kejutan Mengharukan di Upacara Pembukaan Asian Para Games 2018

Sama seperti pembukaan Asian Games 2018, di Asian Para Games 2018 pun Presiden Jokowi menghadirkan momen yang menuai banyak pujian.
, Majalah Kartini | 08/10/2018 - 09:00

MajalahKartini.co.id – Pesta olahraga terbesar se-Asia untuk para atlet disabilitas, Asian Para Games 2018 resmi dibuka  oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta (6/10). Dalam upacara pembukaan tersebut, Presiden Jokowi berujar, “Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, saya nyatakan, dengan resmi Asian Para Games 2018 dibuka,” tegasnya diiringi tepukan meriah dari penonton. Tak hanya secara lisan, presiden Jokowi pun menyertai sambutan tersebut dengan bahasa isyarat.

Tidak kalah mengagumkan dari upacara pembukaan Asian Games 2018, Asian Para Games yang mengangkat tema ‘We Are One’ pun mampu membuat decak kagum penonton lewat performa yang ditampilkan. Tidak hanya takjub tetapi juga tersentuh lewat beberapa aksi para disabilitas yang tampil luar biasa.

Kejutan pun hadir dari tayangnya video seorang anak perempuan penyandang disabilitas asal Pekanbaru, Riau, bernama Bulan Karunia Rudianti yang menyatakan keinginannya bertemu Presiden Jokowi.  Di penghujung video, Bulan tampak duduk di kursi roda didampingi sang ayah memasuki SUGBK. Lampu langsung menyorot ke bagian tengah di mana Bulan berada. Ia melambaikan tangan kepada para tamu dan undangan, termasuk kepada Presiden Jokowi yang duduk di kursi VVIP bersama Ibu Negara Iriana Jokowi.

Presiden Jokowi kemudian turun dan berjalan menuju tengah stadion menuju Bulan dan merangkulnya. Beberapa saat kemudian, Presiden Jokowi dan Bulan memanah bersama, keduanya membidik  huruf “D”, “I” dan “S” yang awalnya membentuk kata “Disability” sehingga menjadi “Ability”.

Asian Para Games 2018 akan diselenggarakan pada 8-16 Oktober mendatang. Ada 2.831 atlet dari 43 negara yang berpartisipasi dalam kompetisi olimpiade bagi para penyandeng disabilitas ini. Total ada 531 nomor pertandingan di 18 cabang olahraga yang dipertandingkan. Jika Anda tidak sempat menyaksikan upacara pembukaan Asian Para Games 2018, simak videonya di bawah ini. (*)

Tags: , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: