Kejuaraan Futsal Tingkat Sekolah Dasar Akan Digelar

Dalam kejuaraan futsal ini, anak-anak belajar untuk bermain layaknya pemain profesional.
, Majalah Kartini | 16/10/2017 - 15:03

MajalahKartini.co.id – Untuk ke-7 kesempatan kompetisi futsal yang diikuti oleh anak-anak sekolah dasar (SD) akan digelar. Kejuaraan Futsal McDonald’s akan berlangsung setiap Minggu mulai 15 Oktober sampai 12 November 2017 didukung oleh media anak Kompas Gramedia, XY-KIDS !. Dalam kejuaraan futsal ini, anak-anak belajar untuk bermain layaknya pemain profesional. Para peserta tidak hanya diajarkan seputar teknis bermain futsal yang benar, tapi yang lebih penting adalah kerja keras, saling menghargai, semangat kerja sama, jujur, dan sportivitas. Pada tema ini yang digaungkan adalah “Kami Bangga Menjadi Juara”.

Sutji Lantyka selaku Associate Director of Communications McDonald’s Indonesia menuturkan melalui kompetisi ini ia berharap anak-anak Indonesia dapat belajar menerima kemenangan, atau kekalahan dalam sebuah pertandingan. “Kami ingin turut serta menjadi bagian penting dari para generasi muda yang sudah dibekali dengan nilai dan mental juara yang kelak akan membantu perkembangan anak indonesia” kata Sutji.

Tahun ini, Kejuaraan Futsal McDonald’s kembali mencatatkan sejarah dengan penambahan wilayah penyisihan di Surabaya. Sama dengan wilayah Bandung, ada 32 tim yang akan beradu futsal, jadi total tim yang berpartisipasi jumlah 192, dengan total peserta mencapai 1.920 anak.

Lima Minggu, Empat Wilayah, Satu Pemenang

Dengan penambahan wilayah, tim, dan jumlah peserta, maka kompetisi futsal tahun ke-7 diharapkan akan lebih seru lagi. Antusiasme dan semangat kompetisi menuju podium juara pun dipastikan akan meningkat.

Kick-off sekaligus babak penyisihan wilayah Barat akan diadakan pada Minggu, 15 Oktober 2017 di Spartan Futsal Arena, Flavor Bliss, Alam Sutra, Tangerang Selatan. Babak penyisihan wilayah timur diselenggarakan Minggu, 22 Oktober 2017 di Futsal Indonesia, Cilandak Town Square, Jakarta Selatan. Penyisihan wilayah Bandung akan kembali digelar di Progresif Futsal Arena pada 29 Oktober 2017, dan wilayah Surabaya di Bhaskara Futsal, Surabaya pada 5 November 2017. Selanjutnya para juara wilayah akan berhadapan di babak grand final pada Minggu, 12 November mendatang di Spartan Futsal Arena.

Selain Futsal, McDonald’s Junior Futsal Championship 2017 juga menyelenggarakan Digital Activity dengan kuisnya yaitu Video Quiz yang di dalamnya ada kuis beserta video teknik bermain futsal dan activity trivia yang di dalam nya berisi tentang personality kuis seperti Pemain Bola Siapakah Kamu.

Hadiah grand prize yang diperebutkan oleh 192 tim sekolah dasar pada McDonald’s Junior Futsal Championship 2017 bertambah. Pemenang McDonald’s Junior Futsal Championship 2017 akan mendapatkan total hadiah sepuluh juta rupiah, school branding, futsal scholarship yang diasuh coach Vennard Hutabarat, serta sehari berlatih bersama perwakilan pemain sepak bola tim nasional indonesia. Sedangkan juara dua akan mendapatkan hadiah senilai tujuh juta rupiah dan juara tiga mendapatkan total lima juta rupiah.

Perkembangan McDonald’s Junior Championship

McDonald’s Junior Futsal Championship pertama kali diselenggarakan tahun 2011. Kejuaraan ini berlangsung pada 13 November 2011 di lapangan Hanggar Futsal Pancoran, Jakarta Timur dan diikuti 32 tim dari berbagai sekolah dasar di Jakarta dan sekitarnya. Pada tahun pertama ini, SD Bakti Mulya 400 keluar sebagai juara dan berhak atas piala bergilir serta hadiah uang.

Pada tahun berikutnya, McDonald’s Junior Futsal Championship mulai memberlakukan babak dua wilayah, yaitu timur dan barat. Pemenang dari tiap wilayah beradu di babak grand final yang saat itu diadakan di IBM Futsal, Gatot Subroto, Jakarta. Kejuaraan tahun 2012 ini dimenangkan oleh tim SD Rawamangun 12, Jakarta.

Partai grand final McDonald’s Junior Futsal Championship 2013 mempertemukan SD Al-Mubarok, pemenang wilayah barat, dengan SD Angkasa 4, pemenang wilayah timur. Tahun itu gelar juara diraih oleh SD Angkasa 4 Halim, Jakarta Timur.

Pada tahun keempat penyelenggaraan McDonald’s Junior Futsal Championship, para semifinalis wilayah barat tidak hanya berhadapan dengan lawan dari wilayah timur. Mereka juga harus menghadapi dua peserta grand final dari kejuaraan tahun lalu yang ikut bertanding tanpa melalui babak penyisihan, yaitu SD Angkasa 4 dan SD Al-Mubarok. Dalam laga final tersebut, SDN Ceger 02 berhasil mengantongi gelar juara 4th McDonald’s Junior Futsal Championship 2014 setelah mengalahkan SDN Kebagusan 03 dengan skor akhir 4-2.

McDonald’s Junior Futsal Championship 2015 jadi tahun yang bersejarah karena terdapat penambahan wilayah ketiga, yaitu Bandung. Pertandingan minggu terakhir di Cilandak Town Square, Jakarta mempertemukan juara wilayah barat, timur, dan Bandung. Pertandingan grand final antara SDIT Al-Jannah dengan SD Ceger 02 akhirnya dimenangkan SDIT Al-Jannah dengan skor 4-1.

Melihat besarnya antusiasme dan minat tim-tim futsal sekolah dasar, maka pembagian tiga wilayah tersebut hingga sampai tahun keenam penyelenggaraan Kejuaraan Futsal McDonald’s Junior. Jumlah total tim yang akan berlaga tahun 2016 adalah 160 tim. Pada pertandingan Grand Final, para juara per wilayah tidak hanya digabung dengan sesamanya, karena mereka juga harus bertemu dengan pemilik Golden Ticket, yaitu 4 pemenang Grand Final tahun 2015. Dalam laga final tersebut SD MIN 2 Johar Baru berhasil mengantongi gelar juara 6 McDonalds Junior Futsal Kejuaraan 2016 setelah mengalahkan SD Al-Azhar Bintaro. (Foto: Dok. Mcdonald)

Tags: , , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: