Kapal Jenazah Akan Hadir untuk Warga Kepulauan Seribu

Setelah sekian lama diusulkan, akhirnya permintaan warga Kepulauan Seribu untuk memiliki kapal jenazah segera dipenuhi.
, Majalah Kartini | 10/10/2016 - 10:00

MajalahKartini.co.id – Permintaan kapal jenazah sejak dua tahun lalu akhirnya akan segera terealisasi dalam anggaran 2017. Warga Kepulauan Seribu sebelumnya sudah berkali-kali menyampaikan hal ini namun belum juga dikabulkan oleh pemerintah.

Ismet, salah satu warga Kepulauan Seribu mengutarakan “Saya sudah beberapa kali mengusulkan membicarakan kapal jenazah. Kami ingatkan lagi Pak. Di pulau ini miris sekali pak, kapal jenazah belum terealisasi,” katanya saat berdialog bersama Plt Gubernur DKI Jakarta Sumarsono (Soni), Jumat (9/12/2016).

Silaturahmi bersama Plt Gubernur DKI Jakarta ini dihadiri oleh Ketua RT, RW, LMK, FDKM, Dewan Kabupaten, dan seluruh Pimpinan UKPD Kepulauan Seribu di Pulau Pramuka. Masih lanjut Ismet, pengadaan kapal jenazah ini ditegaskannya dengan sangat penting. Selama ini warga harus menyewa kapal ojek dengan harga jutaan rupiah.

“Disini miris sekali Pak, untuk kapal jenazah. Yang berduka harus mengeluarkan biaya Rp 3-4 juta buat bawa jenazah dengan kapal ojek,” keluh Ismet. Bupati Kepulauan Seribu, Budi Utomo yang juga hadir dalam dialog, menyebutkan pengadaan kapal jenazah memang sulit direalisasikan sebelumnya.

“Tahun 2017 karena kewenangannya sudah dilimpahkan ke Kabupaten, alhamdulilah sudah diusulkan dalam anggaran kabupaten 2017,” kata Budi disambut tepuk tangan warga. Tak hanya kapal jenazah, kini sudah ada tiga kapal sekolah yang akan membantu transportasi para pelajar.

Sementara itu, Sumarsono menjelaskan, akan disediakan dua kapal jenazah yang nantinya akan melayani warga. Namun, Sumarsono meminta kepada warga agar tidak mempermasalahkan jumlah kapal yang akan disediakan terlebih dahulu. Dia juga eminta warga tidak berhenti memberi usulan program pembangunan untuk Pulau Seribu.

“Sudah dianggarkan, tinggal menunggu kapan kapal akan dikirimkan. Kapal jenazah, pertama kita adakan dua dulu. Ini kurang gimana? Nanti dulu selesaikan, yang penting ada dulu. Pak bupati menyanggupi. Insya Alah kapal itu akan hadir untuk masyarakat Pulau Seribu,” imbuhnya. (Evi Indria/Foto: Istimewa)

Tags: , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: