Kaleidoskop 2016: Perempuan Indonesia yang Mendunia

Banyak perempuan Indonesia yang berprestasi dari berbagai bakat di kancah dunia pada tahun 2016 ini.
, Majalah Kartini | 29/12/2016 - 14:00

kaleidoskop-2016-perempuan-indonesia-yang-mendunia2

MajalahKartini.co.id – Indonesia bukan hanya kaya akan alam dan suku. Tetapi prestasi yang ditorehkan oleh sumber daya manusianya pun tidak bisa diragukan lagi. Apalagi prestasi itu bukan hanya ditoreh kan oleh kaum adam. Melain kan oleh para kaum hawa. Berikut delapan perempuan Indonersia mendunia yang berhasil dihimpun dalam kaleidoskop 2016 majalahkartini.co.id untuk Anda.

1. Ariska Putri Pertiwi

kaleidoskop-2016-perempuan-indonesia-yang-mendunia

Ariska Putri Pertiwi merupakan perempuan yang membawa nama Indonesia untuk pertama kalinya memenangkan Miss Grand International 2016 yang diselenggarakan di Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat. Perempuan 21 tahun ini berhasil medepak 70 peserta dari 70 negar yang ikut dalam ajang kontes kecantikan yang bertujuan untuk menciptakan perdamaian dan menghentikan peperangan itu. Sepanjang Sejarah, perempuan kelahiran Lhokseumawe ini merupakan perempuan Asia pertama yang memenangkan gelar Miss Grand International. Bahkan juga menyandang predikat Best National Costume. (Foto: pojoksatu.id)

2. Liliyana Natsir

kaleidoskop-2016-perempuan-indonesia-yang-mendunia1

Liliyana Natsir merupakan seorang pemain bulutangkis profesional yang berprestasi hingga kancah Internasional. Perempuan kelahiran Manado, 9 September 1985 ini dikenal sebagai pemain ganda campuran yang pernah dipasangkan dengan Nova Widianto, Marikis Kido dan Tantowi Ahmad. Publik tanah air adalah ketika Lilyana Natsir bersama Tantowi Ahmad berhasil membawa pulang gelar Juara All England setelah puasa gelar selama 33 tahun. Kemudian, Lilyana Natsir bersama Tantowi Yahya berhasil merebut emas Olimpiade Rio 2016 bulutangkis nomor ganda campuran, usai mengalahkan pasangan Malaysia, Chan Peng Soon/Goh Liu Ying dua set langsung, 21-14 dan 21-12 di Riocentro, Rio de Janeiro, Brasil, Rabu (17/8/2016). (Foto: viva.co.id)

3. Archangela Chelsea Yusuf

Perempuan 23 tahun asal Surabaya ini berprofesi sebagai penata rias. Namun kiprahnya bukan hanya di Indonesia. Namun ia juga telah melebarkan sayap sebagai makeup artist para selebriti Hollywood. Pertama kali mendapat pekerjaan untuk merias. Setiap harinya, perempuan kelahiran 14 September 1993 itu membuat daftar dari setiap fotografer majalah maupun iklan komersial dan mengirimkan email portofolionya kepada mereka. Hampir 100 email dikirimkannya setiap hari, namun tidak satupun yang membalasnya. Suatu saat, ada email balasan dari seorang fotografer yang mengajaknya melakukan pemotretan secara mendadak untuk seorang aktor, Charlie Weber.

Sejak saat itu ia banyak merias para selebriti Hollywood, termasuk presenter Jeannie Mai, Sammi Sanchez, Jordan Fisher, dan beberapa fashion blogger ternama seperti Chriselle Lim serta Eugene Grey. Tak hanya itu saja, ia juga dipercaya sebagai makeup artist untuk America’s Next Top Model dan fashion show Lanvin di Los Angeles. (Foto: jadiberita.com)

4. Alinka Hardianti

4_linka-hardianti

Pembalap Indonesia ini berhasil menorehkan prestasi di ajang internasional. Perempuan kelahiran 1992 ini mengikuti ajang one make race Internasional Toyota Gazoo Racing Netz Cup Vitz Race 2016 yang berlangsung di sirkuit Fuji Speedway, Jepang pada 27 November 2016. Pada ajang itu, Alinka Hardianti berhasil menorehkan catatan waktu terbaik 2 menit 27 detik. Alinka hanya turun latihan satu kali di Fuji Speedway karena kendala cuaca, Alinka tetap berhasil menorehkan prestasinya, sebagai satu-satunya driver wanita dari luar Jepang. (Foto: dapurpacu.com)

5. Siunie Sutjahjo

kaleidoskop-2016-perempuan-indonesia-yang-mendunia3

Perempuan Indonesia ini berprofesi sebagai senior product manager di perusahaan IT terkemuka asal Amerika, Skype for business at Microsoft. Ia tinggal di Seattle, negara bagian Washington. Tugas dalam pekerjaannya di Microsoft adalah membuat produk yang sesuai dengan permintaan pasar dan membuat diferensiasi agar produk yang ditanganinya memiliki keunikan dari produk serupa. Siunie telah bekerja di Microsoft selama 15 tahun. (Foto: visualogy.net)

6. Amalia Rachim

6_amalia-rachim

Perempuan lulusan Institut TeknIlogi Bandung (ITB) ini meraih kesuksesan di Italia. Dia berhasil memeroleh beasiswa di Politecnico Italia untuk meraih gelar Master Defree in Jewellery Enggineering. Berbagai penghargaan telah diraihnya, antara lain pemenang kompetisi desain jam tangan yang diselenggarakan BREIL di Italia September lalu, dan penghargaan atas desain Garuda Collection pada April tahun lalu. Bahkan cincin yang ia namai Zamrud Khatulistiwa juga meraih penghargaan tertinggi pada satu kompetisi desain di Kanada. (Foto: Instagram)

7. Griselda Sastrawinata

kaleidoskop-2016-perempuan-indonesia-yang-mendunia4

Perempuan kelahiran 1982 ini merupakan salah satu perempuan Indonesia yang berada di balik layar dilm animasi Disney Moana. Griselda bergabung dengan Walt Disney Animation Studios sekitar 1,5 tahun yang lalu dan berada di divisi visual development artist. Sebelumnya ia mengasah kemampuannya di DreamWorks Animation selama 9 tahun dan beberapa hasil karyanya di antaranya film animasi Shrek Forever After, The Croods, Neighbors from Hell, Puss in Boots dan Me and My Sahdow. Anda bisa lihat kerennya hasil karya Griselda melalui akun Instagram bernama @grizandnorm. (Foto: okezone)

8. Melissa Hie

kaleidoskop-2016-perempuan-indonesia-yang-mendunia5

Melissa Hie hanya seorang perempuan yang doyan banget makan. Tetapi jangan salah. Belum lama ini namanya mendunia karena hobinya itu. Berawal dari hobinya, perempuan asli Indonesia ini melancong keliling dunia, mencoba makanan lezat, dan memotretnya. Rekaman perjalanan dimuat dalam akun instagram Girl Eat World. Ciri fotonya adalah makanan dengan latar belakang lokasi dengan pemandangan yang menghibur mata. Di akun Instagram itu, ia hanya mengunggah berbagai foto kudapan, makanan, dan minuman yang dicicipnya dalam perjalanan. Huffington Post pun pernah menuliskannya dengan judul “Meet Instagram’s Newest Food (and Travel) Sensation” (Foto: whereto.vn)

Tags: , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: