Kaleidoskop 2016: Catatan Peristiwa di Indonesia Tahun Ini

Inilah sebuah perjalanan peristiwa catatan akhir tahun yang dikemas dalam kaleidoskop 2016.
, Majalah Kartini | 23/12/2016 - 10:00

kaleidoskop-2016-catatan-peristiwa-di-indonesia-tahun-ini

MajalahKartini.co.id – Tahun 2016 merupakan tahun yang memiliki segudang cerita, dimana kita masih teringat peristiwa-peristiwa penting yang nantinya akan menjadi sejarah, dan kita yang menyaksikan akan terus teringat fenomena tersebut.

1. Ledakan Bom Sarinah Thamrin
Aksi teror terus menghantui ibu kota Jakarta, di awal tahun 2016 tepat tanggal 14 Januari 2016 terjadi beberapa ledakan bom dan tembakan di dekat pusat perbelanjaan Gedung Sarinah Jakarta Pusat, dekat perempatan Jalan Kyai Haji Wahid Hasyim dan jalan Thamrin. Satu ledakan terjadi di sekitar Kafe Starbucks dan yang lainnya di pos polisi sekitar mal.

Tidak hanya itu aksi teror juga terjadi dibelahan Negara lain, serangan juga terjadi dekat pusat informasi PBB dan beberapa kedutaan besar negara asing termasuk Prancis. United Nations Environment Programme (UNEP) mengkonfirmasikan bahwa seorang official Belanda terluka serius dalam serangan tersebut. Sedikitnya delapan orang termasuk empat penyerang terbunuh dan 23 lainnya terluka dalam serangan tersebut.

2. Penggusuran Kalijodo

kaleidoskop-2016-catatan-peristiwa-di-indonesia-tahun-ini4

Kepimpinan Gubernur DKI Basuki Tjahaya Purnama (Ahok) Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pada 29 Februari 2016 secara resmi menggusur wilayah kalijodo, sebelum melakukan eksekusi telah disampaikan surat peringatan ketiga kepada warga kawasan Kalijodo untuk mengosongkan dan membongkar bangunan yang berada di atas tanah negara yang peruntukan sebenarnya untuk ruang terbuka hijau itu. Surat peringatan ketiga ini terlihat ditempelkan pada sejumlah bangunan yang terlihat masih ditempati di RT 001, RT 003, RT 004, RT 005, dan RT 006/RW 05, Kelurahan Pejagalan, Kecamatan Penjaringan.

Surat itu menyebutkan agar warga yang masih bertahan segera menghentikan kegiatan usaha/mengosongkan/membongkar sendiri dalam waktu 1×24 jam per 28 Februari 2016. Penggusuran ini bermula dari kecelakaan di Jalan Daan Mogot yang melibatkan mobil Kijang Fortuner dan sebuah sepeda motor. Sebelum terjadi kecelakaan, sopir mobil Fortuner, Riki Agung Prasetyo, baru saja menghabiskan malam di lokasi hiburan malam Kalijodo.

3. Vaksin Palsu

kaleidoskop-2016-catatan-peristiwa-di-indonesia-tahun-ini1
Ditahun 2016 kasus vaksin palsu yang diungkap Badan Reserse Kriminal Mabes Polri pada 28 Juni 2016 berawal dari laporan masyarakat dan pemberitaan media massa tentang bayi yang meninggal dunia setelah diimunisasi. Praktik pembuatan vaksin palsu itu disebut-sebut telah berlangsung selama 13 tahun. Orang tua yang pernah mengimunisasi anaknya dalam rentang 13 tahun belakangan ini tentu risau, jangan-jangan anaknya termasuk yang mendapatkan vaksin palsu.

Soal vaksin palsu ini betul-betul sangat membuat masyarakat resah khususnya para orang tua yang telah memvaksinkan anaknya. Keresahan para orang tua itulah yang kemudian mendorong sebuah petisi daring dimulai di laman change.org. Adalah Niken Rosady dengan mengatasnamakan Orang Tua Sadar Imunisasi Indonesia yang memulai petisi tersebut. Pada Selasa, (28 Juni 2016) atau hanya satu hari sejak petisi itu dimulai, sudah ada belasan ribu orang yang mendukung. Hingga pukul 11.15 WIB, pendukung petisi itu mencapai 17.942 orang.

Perkembangan informasi telah tertangkap 16 tersangka itu terdiri atas 2 orang pengumpul botol, 6 orang produsen, 5 orang distributor, 2 orang penjual, dan 1 orang pencetak. Pengumpul botol berinisial I dan S. Produsennya adalah N, S, I, R, H, dan AP. Distributornya berinisial R, S, M, dan P, serta T. Untuk penjual yang ditangkap adalah F dan AM. Kini berkas kasus vaksin palsu sudah di bawa kendali Pengadilan Negeri Bekasi untuk diadili.

4. Eksekusi Mati Jilid III Terpidana Narkoba

kaleidoskop-2016-catatan-peristiwa-di-indonesia-tahun-ini2
Di tahun 2016 Indonesia kembali melakukan eksekusi terhadap terpidana mati kasus narkoba. Melalui Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Umum Kejaksaan Agung Noor Rachmad adapun nama-nama yang akan dieksekusi yaitu Freddy Budiman, Seck Osmane, dua warga Nigeria Michael Titus dan Humprey Ejik. Eksekusi dilaksanakan pada Jumat dinihari pukul 00.45 WIB di Lapangan Tembak Tunggal Panaluan, Nusakambangan, Jawa Tengah, Jumat, 29 Juli 2016.

5. Aksi Damai di Silang Monas Jakarta

kaleidoskop-2016-catatan-peristiwa-di-indonesia-tahun-ini3
Bangsa Indonesia khususnya umat Islam mencatat sejarah baru pada Jumat 12 Desember 2016. Untuk pertama kalinya, umat Islam melaksanakan salat Jumat terbesar yang dilaksanakan di Tugu Monumen Nasional (Monas) dengan shaf yang tertib.
Hari itu, umat Islam dari segala penjuru daerah berbondong-bondong datang ke jantung Ibu Kota untuk satu tujuan. Menurut rilis resmi Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF-MUI), forum yang menyelenggarakan acara ini, jumlah umat yang hadir di Monas berkisar 6-7 juta orang. Aksi ini sebelumnya di awali dengan aksi 4 November dan 12 Oktober, dimana tujuan dari umat adalah menuntut agar Gubernur DKI Ahok saat itu segera ditahan atas dugaan penistaan agama yang dilakukan di Kepulauan Seribu. (Foto: Istimewa)

Tags: , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: