Kaki Lecet Setelah Memakai Sepatu Baru? Begini Cara Alami Mengatasinya!

Jangan biarkan luka pada kaki membuat Anda tak nyaman beraktivitas.
, Majalah Kartini | 07/12/2018 - 14:00

MajalahKartini.co.id – Tentu Anda senang ketika memiliki sepasang sepatu baru yang cantik, namun terkadang memakai sepatu baru, terutama sepatu heels atau flatshoes dengan bahan material yang keras cukup menakutkan bagi sebagian perempuan. Pasalnya, sepatu tersebut biasanya meninggalkan lecet atau luka pada punggung telapak kaki, atau bagian atas tumit. Gesekan antara bahan material sepatu yang keras dengan kulit menimbulkan luka perih yang dapat membuat Anda tersiksa untuk melanjutkan langkah. Oleh karena itu, untuk menyiasatinya, Anda dapat memilih sepatu dengan ukuran pas dan bahan material yang lembut dan nyaman untuk kulit kaki. Tapi apabila kaki Anda sudah menjadi lecet, segera atasi luka tersebut dengan beberapa bahan alami berikut ini!

Es Batu. Ini tepat untuk mengurangi bengkak pada kaki. Bungkus es batu dengan kain bersih, lalu gunakan untuk mengompres bagian yang sakit. Selain meredakan nyeri, es batu juga dapat membuat kulit kaki terasa nyaman.

Madu. Madu dapat digunakan untuk mengobati berbagai masalah kulit, termasuk luka akibat sepatu. Oleskan madu mentah di area yang terluka untuk mencegahnya bertambah parah.

Lidah buaya. Gel lidah buaya dikenal memiliki sifat penyembuhan, bisa dimanfaatkan untuk mengatasi luka. Oleskan gel lidah buaya pada bagian kaki yang lecet. Setelah sembuh, gel lidah buaya juga mampu membantu menghilangkan bekas lukanya yang terkadang berwarna agak hitam.

Pasta gigi. Senyawa menthol, hidrogen peroksida dan baking soda di dalam pasta gigi dapat dimanfaatkan untuk meredakan nyeri akibat sepatu. Oleskan pasta gigi putih pada bagian yang melepuh, dan biarkan selama beberapa jam. Setelah itu baru bersihkan dengan air bersih. (*)

 

 

Tags: , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: