Jokowi Minta Program LPDP Lebih Fokus dan Terarah

LPDP sendiri telah menyalurkan beasiswa kepada 16.295 orang yang terdiri 8.406 beasiswa dalam negeri dan 7.889 penerima beasiswa luar negeri.
, Majalah Kartini | 07/02/2017 - 19:24

Ratusan pelajar menyanyikan mars Organisasi Pelajar Surabaya (Orpes) saat Kongres Pelajar Generasi ke-5 di Balai Pemuda Surabaya, Jawa Timur, Senin (24/10)

MajalahKartini.co.id – Presiden Joko Widodo mengemukakan Indonesia diprediksi akan mendapatkan bonus demografi pada tahun 2020-2030. Saat itu, jumlah penduduk usia produktif sangat besar.  “Dan untuk menyambut bonus demografi tersebut pemerintah akan bekerja lebih fokus lagi menghadirkan akses pendidikan dasar,” kata Jokowi dalam Rapat terbatas tentang Optimalisasi Lembaga Pengelola dana Pendidikan (LPDP), Selasa, 7 Februari 2017. Selain itu, pemerintah juga membuka kesempatan untuk memasuki jenjang pendidikan yang lebih tinggi melalui optimalisasi pemberian beasiswa LPDP.

Data yang diperoleh, proporsi SDM dengan kualifikasi pendidikan tinggi di Indonesia hanya 7,2% dari angkatan kerja. Angka ini lebih kecil dibandingkan dengan Malaysia yang sudah mencapai 20,3% atau negara-negara OECD sebesar 40,3%.Jumlah insinyur per 1 juta penduduk Indonesia adalah 2.671, lebih rendah dari Malaysia yang 3.333, Vietnam 9.037 dan Korea Selatan 25.039.

“Untuk itu, saya ingin menekankan bahwa investasi di bidang SDM termasuk melalui pemberian beasiswa pendidikan tinggi maupun pendanaan riset merupakan investasi yang sangat penting bagi negara kita untuk maju di masa yang akan datang,” ujar Jokowi. Selama ini LPDP telah melakukan pengelolaan sebagian alokasi dana pendidikan APBN dengan mekanisme pengelolaan dana abadi, yang kemudian disalurkan dalam bentuk beasiswa untuk menempuh pendidikan S2 ataupun S3.LPDP sendiri telah menyalurkan beasiswa kepada 16.295 orang yang terdiri 8.406 beasiswa dalam negeri dan 7.889 penerima beasiswa luar negeri.

“Namun perlu saya ingatkan agar investasi dalam pembangunan SDM ini harus betul-betul fokus harus, harus betul-betul tepat, dan harus betul-betul terarah,” ujar Jokowi. Dia berharap program LPDP ini baik program beasiswa, pendanaan riset maupun layanan rehabilitasi infrastruktur pendidikan dapat lebih dioptimalkan lagi. (Foto: Antara)

Tags: , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: