Jika Tak Lestarikan Angklung, Gelar dari Unesco Akan Dicabut

Perhelatan Hari Angklung dan memeringati 50 tahun Saung Angklung Udjo (SAU) digelar dengan meriah dalam acara “Angklung Pride 6”.
, Majalah Kartini | 28/11/2016 - 20:30

MajalahKartini.co.id – Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar mengatakan, gelar yang telah diberikan oleh Uniesco untuk angklung akan dicabut, hal itu jika tidak ada pembuatan dan tidak ada yang memainkan angklung selama 10 tahun lamanya. Namun, Deddy senang, karena Saung Angklung Udjo (SAU) terus mengembangkan bambu di Cijaringao.

“Seandainya satu sekolah di Jabar punya satu set angklung, cukup enggak bambunya. Makanya harus ditanam dulu. Di Cijaringao ini tanahnya empat hektar yang bisa ditanami bambu. Dengan budidaya bambu, berarti menjaga alam juga karena akan mencegah banjir dan longsor,” ujarnya di puncak acara “Angklung Pride 6”, Minggu (27/11).

Acara “Angklung Pride 6” merupakan acara untuk memeringati Hari Angklung dan 50 tahun Saung Angklung Udjo (SAU). Kegiatan ini berlangsung di kawasan Kebon Awi Cijaringao. Konsep dari acara ini menampilkan upacara helaran, aksi angklung keluarga besar SAU bersama masyarakat, adu ketangkasan domba, pasar rakyat dan dimeriahkan penampilan seniman: Doel Soembang dan Egga Robot Percussion.

Seperti diketahui, angklung telah disahkan UNESCO sebagai Intangible Cultural Heritage of Humanity sejak 16 November 2010. Pimpinan SAU Taufik Hidayat Udjo mengatakan, kegiatan “Angklung Pride” menjadi bagian untuk memaknai hari istimewa itu. “SAU didirikan dengan cita-cita tinggi, yaitu menjadi pelestari di bidang seni, budaya, dan lingkungan.

“Melalui ‘Angklung Pride 6’, kami ingin kembali memperkuat kontribusi dalam merespons isu-isu di masyarakat saat ini melalui kebesaran nilai filosofi dan kearifan lokal angklung,” ujarnya. Tahun lalu, SAU diberi kehormatan sebagai perwakilan komunitas angklung untuk tambil pada perhelatan lima tahunan pengesahan angklung di Kota Paris, Perancis. (Sopan Sopian/Foto: ANF FOTO/Adeng Bustomi)

Tags: , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: