Jenderal (Purn) Moeldoko: Mobil Listrik di Indonesia Sudah Bergeliat

Selain siap menggodok Perpres tentang Kendaraan Listrik, Pemerintah juga akan menyiapkan tempat men-charge mobil listrik di mall-mall atau stasiun kereta.
, Majalah Kartini | 06/12/2018 - 11:00

MajalahKartini.co.id – Kemajuan teknologi di bidang otomotif di Tanah Air sepertinya akan jauh berkembang, pasalnya kini pemerintah tengah giat menggodok draft Perpres tentang kendaraan listrik yang nantinya draft akan diserahkan ke Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman. Kepala Staf Kepresidenan Jenderal (Purn) Moeldoko mengatakan bahwa saat ini Perpres Kendaraan listrik sedang dalam penyelarasan.

“Dari kementerian ESDM sudah, kementerian perindustrian sudah, sekarang di selaraskan di kementerian kemaritiman,” terang Moeldoko kepada wartawan di gedung BPPT (5/12).

Jenderal (Purn) Moeldoko berujar bahwa masih banyak yang harus dibahas, antara lain kesiapan ESDM dalam penyediaan listriknya, perpajakan, Kemenkeu, hingga tahapan-tahapan menuju industrialisasi kendaraan listrik. Meski demikian, Moeldoko menegaskan draf Perpres Kendaraan Listrik diharapkan rampung sesuai target.

“Targetnya awal 2019, makin cepat makin bagus. Karena sesungguhnya mobil listrik di Indonesia sudah cukup menggeliat,” tegasnya.

“Kesiapannya di antaranya sudah diinisiasi oleh BPPT bagaimana plug in charging-nya, stasiun pengisian listrik nanti. Akan secara bertahap dimasifkan sesuai tempat-tempat yang menjadi prioritas di mana mobil listrik nanti akan kumpul. Bisa nanti di stasiun kereta atau mungkin di mall-mall dan di tempat lain yang jadi tujuan publik,” imbuh Moeldoko. (*)

Tags: , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: