Jelang Pilpres, SD Kudu 01 dan 02 Menjadi Viral

Foto papan nama SD ini diketahui mulai viral di media sosial Twitter terkait pemilihan presiden April mendatang.
, Majalah Kartini | 22/03/2019 - 10:00

Foto: Istimewa

MajalahKartini.co.idSDN Kudu 01 dan SDN Kudu 02, menjadi viral karena dikaitkan dengan dinamika politik pemilihan calon presiden yang sedang terjadi. Dua nama sekolah dasar (SD) di Desa Kudu, Kecamatan Baki, Sukoharjo, Jawa Tengah.

Foto papan nama sekolah itu diketahui mulai viral di media sosial Twitter sejak Minggu (17/3/19). Para pengajar di Sekolah Dasar Negeri Kudu 01 (SDN Kudu 01), tidak menyangka nama sekolahnya menjadi bahan candaan yang menyegarkan di dunia maya.

“Saya kaget saat melihat foto sekolah ini bertebaran di internet dan Whatsapp grup,” kata Nuruh Komariyah, guru SDN Kudu 01, Rabu, (20/3/19). Dia pun mengaku tidak mengetahui siapa yang pertama kali mengunggah foto-foto sekolah itu di media sosial. Apalagi, nama SD Kudu 01 tersebut tiba-tiba dikaitkan dengan situasi politik menjelang pemilihan presiden. “Meskipun menjadi sebuah lelucon,” katanya.

Baca Juga: Bersama Guru Tingkatkan Kualitas Pendidikan Gizi Anak Sekolah

Nurul menjelaskan penamaan sekolah tersebut berdasarkan nama desa di tempat itu. “Di sini termasuk di wilayah Desa Kudu,” katanya. Desa Kudu masuk wilayah Kecamatan Bali, Kabupaten Sukoharjo.

Desa itu memiliki dua sekolah dasar negeri, yaitu SDN Kudu 01 dan SDN Kudu 02. Dengan viralnya SD Kudu 01, akhirnya nama SD Kudu 02 juga menyusul dibicarakan tetap dengan nada guyonan. “Kudu” merupakan istilah dalam bahasa Jawa yang berarti “harus”. Netizen lalu mengaitkan hal itu, dengan nada bercanda dan keharusan memilih salah satu pasangan calon presiden-wakil presiden.

Foto: Istimewa

“Tidak sama sekali ada kaitannya dengan politik. Dan pihaknya berharap tidak banyak yang mengaitkan sekolahnya dengan politik. Sebab sekolah merupakan lembaga pendidikan yang harus netral,” tutup Nurul.(*)

Tags: , , , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: