Ketahui Penyebab Anak Susah Makan

Bisa jadi susah makan anak akibat kondisi kesehatan di tubuhnya yang tidak prima.
, Majalah Kartini | 01/12/2018 - 10:00

MajalahKartini.co.id – Anda memiliki anak yang kerap mengalami susah makan? Maka jangan sepelekan hal tersebut. Selain nutrisi dan kebutuhan asupan energi pada anak yang tak terpenuhi dan bisa berakibat buruk pada kesehatannya, anak susah makan juga menjadi masalah klasik yang dihadapi oleh mayoritas orang tua. Meski demikian, Anda harus segera mencari tahu penyebab anak susah makan agar tepat cara penanggulangannya.

Dilansir dari thehealthsite.com, berikut ini beberapa penyebab anak mengalami susah makan:

Konstipasi. Konstipasi menjadi salah satu alasan utama hilangnya nafsu makan. Sebabnya konstipasi membuat sistem pencernaan tidak bisa bekerja dengan baik sehingga nafsu makan menurun secara perlahan.

Cacing usus. Anda mungkin tidak menyadari bahwa buah hati Anda menderita cacingan hingga gejalanya memburuk. Adanya cacing inilah yang mengakibatkan masalah pencernaan, seperti disentri, pembengkakan, pendarahan usus, dan hilangnya nafsu makan.

Anemia. Anak-anak yang menderita anemia biasanya lemah, letih, dan tidak nafsu makan.

Depresi. Tak hanya pada orang dewasa saja yang bisa mengalami stres hingga berujung depresi. Anak-anak pun bisa juga mengalaminya. Hasilnya, nafsu makan jadi turun.

Konsumsi obat-obatan. Terkadang mengonsumsi obat-obatan tertentu juga bisa berdampak pada menurunnya nafsu makan anak. Contohnya adalah antibiotik. Namun ketika anak Anda selesai mengonsumsi obat-obatan namun nafsu makan masih belum kembali juga, Anda wajib membawanya ke dokter. (*)

Tags: , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: