IWAPI Tingkatkan Literasi Keuangan Pengusaha Perempuan

Perempuan yang berwirausaha diharapkan bisa teredukasi mengenai literasi keuangan untuk bisnis.
, Majalah Kartini | 14/10/2016 - 11:09

MajalahKartini.co.id – Dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) di Lombok hari ini, PT. Bank Commonwealth mengajak IWAPI berkolaborasi dalam meningkatkan literasi serta akses keuangan menyasar ke kurang lebih 40,000 pengusaha SME perempuan. Melalui program literasi keuangan perempuan WISE (Woman Investment Series) milik Commonwealth Bank serta akses keuangan bisnis bagi SME, kerja sama ini bertujuan membantu pengusaha SME perempuan di Indonesia agar lebih sadar keuangan, terutama dalam kaitannya dalam pengembangan bisnis.

Ketua Umum IWAPI Ir. Dyah Anita Prihapsari, MBA menyatakan IWAPI hadir dengan tujuan untuk menyebarkan semangat kewirausahaan untuk perempuan Indonesia. Salah satu langkahnya adalah dengan menyediakan akses ke teknologi baru, pemasaran, dan bantuan keuangan untuk mengembangkan bisnis mereka. “Kami berharap, kerja sama dengan Commonwealth Bank tidak hanya membuat anggota IWAPI lebih teredukasi mengenai literasi dan akses keuangan untuk bisnis, tetapi juga meningkatkan minat perempuan Indonesia untuk berwirausaha,” ungkapnya.

Kolaborasi ini penting dilakukan karena SME milik perempuan diyakini memberikan kontribusi besar terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia. Studi menyebutkan bahwa hampir setengah dari keseluruhan SME di Indonesia dimiliki oleh perempuan. “Kolaborasi ini bersifat sangat strategis, dimana tujuan kami adalah mendorong perkembangan SME milik pengusaha perempuan dengan harapan kerja sama ini bisa membantu pertumbuhan perekonomian Indonesia secara keseluruhan,” ujar Director of Strategy, Digital Solutions and Customer Franchise Commonwealth Bank, Ida S. Simatupang.

Sementara itu, berdasarkan studi yang sama, diungkapkan bahwa prosedur bank yang rumit dirasakan oleh 40% perempuan, dibandingkan 28% pria, sebagai faktor negatif dalam berhubungan dengan bank. “Kami melihat hal ini sebagai kesempatan untuk memberikan edukasi literasi keuangan dan akses produk dan layanan bagi SME. Kami akan membantu pengusaha SME perempuan Indonesia dan menyediakan layanan konsultasi agar mereka mendapatkan pengetahuan dan kemudahan untuk mengakses fasilitas keuangan untuk kemajuan bisnisnya” tambah Ida yang turut hadir dalam Rakernas IWAPI.

Selain melalui tatap muka, para pengusaha SME perempuan juga bisa mengakses informasi edukasi literasi keuangan secara gratis dan online melalui aplikasi (WISE). “Kami memiliki aspirasi untuk memberikan layanan keuangan digital yang mudah, bebas hambatan, dan gampang diakses dari mana saja di seluruh Indonesia. Dengan aplikasi WISE, anggota IWAPI yang tersebar di 260 cabang dan 34 provinsi di Indonesia bisa mendapatkan informasi yang sama,” tambah Ida. (Foto: Idea)

Tags: , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: