Istri Sutopo Sempat Pingsan Saat Antar Jenazah Sang Suami

Keluarga dan para pelayat, turut mengantarkan jenazah Sutopo ke peristirahatan terakhir dengan penuh isak tangis.
, Majalah Kartini | 08/07/2019 - 13:01

MajalahKartini.co.id – Jenazah Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho akhirnya dimakamkan pada Senin (8/7/19). Jenazah dimakamkan di TPU Sasonolayu, Siswodipuran, Boyolali, Jawa Tengah.

sutopo

sumber : istimewa

Prosesi pemakaman berlangsung haru karena pihak keluarga dan para pelayat, turut mengantarkan jenazah Sutopo ke peristirahatan terakhir dengan penuh isak tangis. Sang istri almarhum, Retno Utami Yulianingsih sempat pingsan saat peti jenazah almarhum suaminya tengah dimasukkan ke mobil jenazah untuk dibawa menuju pemakaman.

Pemakaman pria kelahiran 7 Oktober 1969 dimulai sekitar pukul 09.00 WIB diawali dengan upacara kenegaraan yang merupakan penghormatan terakhir kepada almarhum. Upacara tersebut dipimpin oleh Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo.

Setelah itu dilanjutkan dengan upacara tradisional yakni brobosan, dimana upcara ini bertujuan untuk menunjukkan penghormatan dari sanak keluarga kepada orangtua dan leluhur mereka yang telah meninggal dunia.”Ada upacara kenegaraan dan adat tradisional,” kata Jatmiko seperti yang dikutip dari kompas.com (8/7/19).

Setelah jenazah dimasukkan, keluarga mendapat kesempatan menabur bunga di atas pemakaman jenazah Sutopo. Tabur bunga pertama dilakukan oleh orangtua almarhum, yaitu Suharsono (75) dan Sri Rusmandari (65). Seperti yang telah dikatahui sebelumnya, Sutopo meninggal dunia saat menjalani perawatan medis di Guangzhou, Cina karena divonis kanker paru-paru stadium 4b pada 17 Januari 2018 lalu.

Baca Juga : Jenazah Sutopo Tiba Di Indonesia, Sejumlah Tokoh Datang Melayat

Tags: , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: