Irma Lumiga Usung Tema Sekar Jagad Banyuwangi

Berbagai motif khas daerah Banyuwangi seperti Gajah Oling dan Paras Gempal akan tampil di IFW 2017.
, Majalah Kartini | 04/02/2017 - 19:00
images (3)
MajalahKartini.co.id – Sebanyak 71 busana batik bakal ditampilkan di Indonesian Fashion Week (IFW) dengan balutan tema Sekar Jagad Banyuwangi yang mengangkat berbagai motif khas daerah Banyuwangi seperti Gajah Oling dan Paras Gempal. Demikian diungkapkan desainer Irma Lumiga di Banyuwangi, Jumat (3/2).
Dia mengatakan puluhan koleksi batik itu disajikan dalam busana kebaya, ready to wear, dan houte couture (adi busana). “Semua busana itu dikemas elegan yang bernuansa etnik,” ujar desainer yang telah mengekspor rancangan busananya ke berbagai negara itu.
Irma mengaku puas berkolaborasi dengan perajin lokal. Desain kain yang diimajinasikannya mampu diterjemahkan dengan apik oleh perajin batik lokal.
“Saya memang yang mendesain motifnya, tapi semua pengerjaan merupakan hasil para perajin UMKM lokal Banyuwangi. Kami juga berdialog intensif untuk menghasilkan karya batik asal Banyuwan ? gi yang tiada duanya,” ujarnya pula.
Salah satu perajin yang terlibat adalah Erma Firman, pemilik usaha Godho Batik yang mengaku sangat senang terlibat dalam proses transformasi bersama desainer nasional.
“Saya menyiapkan sesuai permintaan desainer sampai 90 potong kain, masing-masing lebar 2 meter. Memang ribet, tapi saya jadi tahu bagaimana merancang sebuah motif untuk sebuah gaun. Ini pengalaman luar biasa, dan akan semakin mematangkan perajin daerah di masa yang akan datang,” kata Erma pula.(Foto : Banyuwangi)

Tags: , , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: